PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA KURIKULUM MERDEKA

Talitha Salsabila Kinayung Fajri, NIM.: 19104060045 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA KURIKULUM MERDEKA)
19104060045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA/MA KURIKULUM MERDEKA)
19104060045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam mengatasi terjadinya learning loss di Indonesia. Dalam pelaksanaan pembelajaran kimia pada kurikulum merdeka peserta didik perlu mendapatkan panduan dalam penguatan pemahaman materi dan belajar mandiri. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman kognitif siswa adalah pembelajaran multiple representasi, karena pemahaman merupakan hal yang penting untuk pembelajaran kimia yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket skala Guttman. Media pembelajaran dinilai oleh satu ahli materi dan satu ahli media, tiga pendidik SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan 94,44% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 91,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase keidealan 90,83 % dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan 94,167%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKPD berbasis Multiple Representasi pada materi hukum dasar kimia sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Multiple Representasi, Hukum Dasar Kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:08
Last Modified: 22 May 2023 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum