MANAJEMEN PROGRAM KOMUNITAS GURU BELAJAR NUSANTARA (KGBN) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI KALIMANTAN BARAT

Rahayu Apridayanti, NIM.: 20204092013 (2023) MANAJEMEN PROGRAM KOMUNITAS GURU BELAJAR NUSANTARA (KGBN) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI KALIMANTAN BARAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM KOMUNITAS GURU BELAJAR NUSANTARA (KGBN) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI KALIMANTAN BARAT)
20204092013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM KOMUNITAS GURU BELAJAR NUSANTARA (KGBN) DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI KALIMANTAN BARAT)
20204092013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Guru Belajar Nusantara Kabupaten Melawi adalah wadah untuk sekolompok guru, tenga kependidikan dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah dimana mereka berpartisipasi aktif. Tujuannya untuk pengembangan kompetensi pedagogik dengan mengajak seluruh guru supaya terus belajar, bergerak dan berdampak. Komunitas Guru Belajar Nusantara Kabupaten Melawi diproyeksikan mampu menjadi solusi dalam pertukaran pengetahuan terkait media pembelajaran, kebutuhan anak, kolaborasi guru, metode pembelajaran, diskusi dalam menyebarkan praktik baik maupun praktik gagal dikelasnya, cara menguasai bahan ajar bahkan isu-isu terbaru terkait pembelajaran didunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi manajemen komunitas guru belajar, kontribusi komunitas guru belajar serta faktor penghambat dan pendukung komunitas guru belajar khususnya Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan). Penelitian dilaksanakan selama bulan April sampai Oktober 2022 di Komunitas Guru Belajar Nusantara Nanga Pinoh Kabupaten Melawi dengan bersumber pada data primer dan sekunder. Teknik dalam pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: program Komunitas Guru Belajar Nusantara Nanga Pinoh Kabupaten Melawi dilaksanakan berdasarkan permasalahan dilapangan yaitu Implementasi Komunitas Guru Belajar Nusantara: (1) Planning (Perencanaan); (2) Organizing (Pengorganisasian); (3) Actuating (Pelaksanaan) dan (4) Controlling (Pengawasan). Kontribusi Komunitas Guru Belajar Nusantara: (1) Guru Kreatif; (2) Meningkatkan Mutu Sekolah; (3) Meningkatkan Kompetensi Guru; (4) Mandiri Belajar dan (5) Menggaet Stakeholder.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: learning community teacher Melawi; implementation; contribution
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 12:20
Last Modified: 22 May 2023 12:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum