PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI DUSUN PUCANGANOM RT 37 DESA PUCANGANOM KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN

Masna Umami, NIM.: 18104030016 (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI DUSUN PUCANGANOM RT 37 DESA PUCANGANOM KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI DUSUN PUCANGANOM RT 37 DESA PUCANGANOM KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN)
18104030016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI DUSUN PUCANGANOM RT 37 DESA PUCANGANOM KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN)
18104030016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pucanganom RT. 37 yang menunjukkan sikap kemandirian yang belum berkembang dalam melakukan aktivitas yang berkaitan dengan diri anak sendiri seperti makan, mengancing pakaian, tidur sendiri, mandi, dan ke toilet sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perkembangan kemandirian anak usia dini di Dusun Pucanganom RT. 37; (2) peran orang tua dalam megembangkan kemandirian anak usia dini di Dusun Pucanganom RT. 37; (3) faktor penghambat dan pendukung orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di Dusun Pucanganom RT. 37. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2022 yang bertempat di Dusun Pucanganom RT. 37, dengan subjek penelitian orang tua dan anak usia dini (4-6 tahun). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data miles dan Huberman dan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemandirian anak usia 4 tahun belum menunjukkan sikap kemandirian yang belum berkembang, dimana dalam melakukan aktivitasnya masih membutuhkan bantuan dari orang tua, sedangkan anak usia 5-6 tahun sudah mampu melakukan kegiatannya sendiri tanpa bantuan dari orang tua; (2) adapun peran orang tua dalam mengambangkan kemandirian anak pertama memberikan fasilitas yang menunjang perkembangan anak seperti sarana dan prasarana untuk anak misalnya orang tua menyediakan kamar khusus buat anak untuk tidur sendiri, kedua memberikan bimbingan kepada anak dalam bentuk pembiasaan dan pemberian teladan, ketiga memberikan dukungan kepada anak, keempat menjadi pengontrol serta pengawas untuk anak. hanya saja pada anak dengan kemandirian yang belum berkembang orang tua cenderung memberikan perlindungan dan kasih sayang yang berlebihan sehingga anak kurang diberi kesempatan untuk belajar sendiri. Sedangkan anak dengan kemandirian yang sudah bagus orang tuanya lebih memberikan kesempatan anak untuk belajar sendiri namun tetap dalam pengawasan orang tua; (3) faktor penghambat orang tua dalam mengembangkan kemandirian yaitu ekonomi keluarga, pendidikan orang tua, usia orang tua, diri anak sendiri, lingkungan; sedangkan faktor pendukungnya adalah orang tua, suasana hati anak dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Drs. Ichsan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan anak; peran orang tua, kemandirian anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 13:23
Last Modified: 22 May 2023 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum