NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA MI/SD

Annisa’ Nur Shofyani, NIM.: 16480045 (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA MI/SD)
16480045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM 5 ELANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA MI/SD)
16480045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didorong oleh penerapan pendidikan karakter yang kurang mendukung, baik melalui media televisi, internet, surat kabar, media massa lain, ataupun secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter berperan penting dalam perkembangan serta kepribadian anak sejak usia dini. Pendidikan Karakter bukan semata-mata di sekolah, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak mengalami degredasi moral dan jauh dari nilai-nilai pendidikan karakter pada usianya di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa nilai pendidikan karakter dalam Film 5 Elang dan relevansinya dengan perkembangan sosial emosional anak di usia sekolah dasar yang terangkum dalam Film 5 Elang . Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah library reearch yang menghasilkan serta mengolah data yang bersifat deskriptif bukan angka. Oleh karena itu, skripsi ini akan berisi kutipan-kutipan data berupa kata, kalimat, paragraf, teks,dan dari pemahaman keseluruhan dilakukan pengkasifikasian serta penafsiran secara deskriptif analisis yang terkandung dalam Film 5 Elang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode dokumentasi dan dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Maka kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis (melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan merekonstruksi) Film 5 Elang dan mengomunikasikan dengan teori yang digunakan berupa kalimat deskriptif tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansinya dengan perkembangan sosial emosional yang terdapat dalam Film 5 Elang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film 5 Elang adalah jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkunganm peduli sosial, tanggung jawab. Film ini juga mengandung beberapa aspek dalam perkembangan sosial emosional anak, seperti: berkelompok dengan teman sebaya, mampu mengendalikan emosi, sadar peran gender, memahami aturan di lingkungan, bersikap agresif pada teman, berbagi dengan teman dan bersikap mandiri. Perkembangan sosial emosional juga relevan dengaqn nilai pendidikan karakter cinta damai, kreatif, menghargai prestasi, jujur, rasa ingin tahu, dan peduli sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; sosial emosional; sekolah dasar; Film 5 Elang
Subjects: Media massa > Film
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 09:15
Last Modified: 23 May 2023 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum