ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY

Zulfa Nur Rokhisa, NIM.: 18106000019 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY)
18106000019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN DAVID KEIRSEY)
18106000019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan ditinjau dari tipe kepribadian guardian, artisan, idealist, dan rational. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII A dan VII B MTs Negeri 2 Sleman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan pemberian tes tipe kepribadian, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan representasi visual yaitu menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah pada soal (A), indikator kemampuan representasi simbolik yaitu membuat persamaan atau model matematis (B1), menyelesaikan masalah himpunan menggunakan persamaan atau model matematis yang telah dibuat (B2), serta indikator kemampuan representasi verbal yaitu menuliskan interpretasi dari representasi simbolik (C1), menuliskan interpretasi dari representasi visual (C2), dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah himpunan dengan kata-kata (C3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan tipe kepribadian guardian mampu memenuhi indikator A, B1, B2, dan C1, kurang mampu memenuhi indikator C2, serta tidak mampu memenuhi indikator C3; (2) siswa dengan tipe kepribadian artisan mampu memenuhi indikator A dan C3 serta tidak mampu memenuhi indikator B1, B2, C1, dan C2; (3) siswa dengan tipe kepribadian idealist mampu memenuhi indikator A, B1, C1, dan C2, serta kurang mampu memenuhi indikator B2 dan C3; (4) siswa dengan tipe kepribadian rational mampu memenuhi indikator A, B1, B2, dan C1, serta tidak mampu memenuhi indikator C2 dan C3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fina Hanifa Hidayati, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: representasi matematis; soal cerita himpunan; tipe kepribadian
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 May 2023 10:27
Last Modified: 23 May 2023 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum