IMPLIKASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH PEREMPUAN PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH TAHFIDZUL QUR’AN SRUMBUNG MAGELANG

Bagas Ilham Yudhiyantoro, NIM.: 21204011041 (2023) IMPLIKASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH PEREMPUAN PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH TAHFIDZUL QUR’AN SRUMBUNG MAGELANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH PEREMPUAN PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH TAHFIDZUL QUR’AN SRUMBUNG MAGELANG)
21204011041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIKIH PEREMPUAN PADA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH TAHFIDZUL QUR’AN SRUMBUNG MAGELANG)
21204011041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh degradasi moral dan akibatnya berdampak pada karakter religius santriwati yang kurang optimal di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung, contohnya banyaknya kasus santriwati yang kabur tanpa sepengetahuan pengurus asrama, kurangnya perhatian santriwati pada kegiatan asrama dan adanya kasus bullying terhadap sesama santriwati. Permasalahan ini diatasi dengan pembelajaran fikih perempuan yang diadakan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung. Bagaimana pembelajaran Fikih perempuan dijadikan alternatif solusi, dan bagaimana implikasinya terhadap pembentukan karakter religius santriwati?. Hal ini yang menjadi titik fokus pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi dan implikasi pembelajaran fikih perempuan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung terhadap pembentukan karakter religius santriwati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) yang bersifat kualitatif, dengan subjek wawancara meliputi pimpinan pondok, ustadzah fikih perempuan dan santriwati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahapan kesimpulan. Keabsahan data digunakan credibility (validitas internal) yang meliputi triangulasi teknik serta triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Konsep pembelajaran fikih perempuan di Pondok Pesantren Muhammadiyah Tahfidzul Qur‟an Srumbung disusun dengan perumusan tujuan dan program yang baik meskipun tidak menggunakan silabus dan RPP pada umumnya. Pembelajaran fikih perempuan dilaksanakan dengan menggunakan Kitab Fiqhus Sunnah Lin Nisā. Kitab ini menjadi acuan pembelajaran fikih perempuan dikarenakan bahasanya yang mudah serta dilengkapi dengan dalil yang memadai. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan pemilihan metode yang tepat di setiap sub kajian. 2) Implementasi pembelajaran fikih perempuan dilaksanakan di kelas dan melalui program asrama dengan strategi pembentukan karakter religius santriwati meliputi habituasi/pembudayaan, moral knowing, merasakan dan mencintai yang baik, moral acting, moral modelling dan taubat. 3) Implikasi pembelajaran fikih perempuan terhadap karakter religius santriwati mampu membentuk karakter religius yang berkembang dengan baik seiring berjalannya waktu, meliputi dimesi ideologi/keyakinan, dimensi ritualistik/praktik, dimensi intelektual/pengetahuan, dimensi eksperiensial/pengalaman dan dimensi pengalaman/konsekuensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Fikih Perempuan, Karakter Religius, Santriwati
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hukum Islam > Fiqih
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 May 2023 11:29
Last Modified: 25 May 2023 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum