PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU TINGKAT MENENGAH KAWAKIB AD-DURRIYYAH VERSI DIGITAL DI MA’HAD AL-ANSOR SUMATERA UTARA

Nur Khomisah Pohan, NIM.: 21204021025 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU TINGKAT MENENGAH KAWAKIB AD-DURRIYYAH VERSI DIGITAL DI MA’HAD AL-ANSOR SUMATERA UTARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU TINGKAT MENENGAH KAWĀKIB AD-DURRIYYAH VERSI DIGITAL DI MA’HAD AL-ANSOR SUMATERA UTARA)
21204021025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NAHWU TINGKAT MENENGAH KAWĀKIB AD-DURRIYYAH VERSI DIGITAL DI MA’HAD AL-ANSOR SUMATERA UTARA)
21204021025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kebutuhan siswa akan bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah; (2) Untuk mendesain pengembangan bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah; (3) Untuk mengetahui efektifitas bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah di Ma‘had al-Ansor Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk kategori penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, angket dan tes. Berdasarkan tahapan tersebut telah menghasilkan bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah yang telah lolos uji validasi oleh ahli materi, dan ahli bahan ajar. Hasil validasi dari ahli materi, dan ahli bahan ajar terhadap bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah berada pada tingkat kategori sangat baik. Hasil penilaian validasi dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4 dengan presentase 80 % dalam kategori baik, dan validasi ahli bahan ajar dengan skor rata-rata 4,42 dengan presentase 88,57 % dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) siswa dan guru di ma‘had al-Ansor Sumatera Utara membutuhkan pengembangan terhadap bahan ajar yang digunakan saat ini menjadi bahan ajar versi digital sehingga lebih menarik dan inovatif. 2) desain bahan ajar versi digital tingkat menengah kawākib ad-durriyyah terdiri dari cover, petunjuk penggunaan, tujuan pembelajaran, materi, tanda-tanda, pembagian-pembagiannya, serta contoh-contoh yang di desain berskema-skema. yang memudahkan siswa membaca dan menghafalkan materi kawākib ad-durriyyah. 3) hasil pengembangan dan implementasi produk bahan ajar nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah terhadap keefektifan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di Ma‘had al-Ansor Sumatera Utara dapat dibuktikan melalui soal pretest dan posttest yaitu pada perbedaan skor rata-rata 46,11 sebelum menggunakan produk dan 83,88 setelah menggunakan produk bahan ajar versi digital. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar versi digital nahwu tingkat menengah kawākib ad-durriyyah mempunyai efektifitas yang baik dalam meningkatkan minat siswa di Ma‘had al-Ansor Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Nahwu Tingkat Menengah Kawākib Ad-Durriyyah, Digital
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 May 2023 12:38
Last Modified: 25 May 2023 12:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum