REPRESENTASI AYAT PENGOBATAN DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK: ANALISIS TERHADAP KONSTRUKSI TINDAKAN ERI ABDUROHIM DALAM AKUN @ERIABDUROHIM

Arina Alfiani, NIM.: 20205032033 (2023) REPRESENTASI AYAT PENGOBATAN DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK: ANALISIS TERHADAP KONSTRUKSI TINDAKAN ERI ABDUROHIM DALAM AKUN @ERIABDUROHIM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI AYAT PENGOBATAN DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK: ANALISIS TERHADAP KONSTRUKSI TINDAKAN ERI ABDUROHIM DALAM AKUN @ERIABDUROHIM)
20205032033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI AYAT PENGOBATAN DALAM MEDIA SOSIAL TIKTOK: ANALISIS TERHADAP KONSTRUKSI TINDAKAN ERI ABDUROHIM DALAM AKUN @ERIABDUROHIM)
20205032033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengobatan dengan menggunakan al-Qur’an yang selama ini dilakukan secara langsung mengalami pergeseran praktik dengan memanfaatkan media sosial. akun media sosial secara konsisten mengunggah vidio yang menunjukan penggunaan ayat-ayat al-Qur’an untuk praktik pengobatan. Penulis melihat problem akademik terkait fenomena pergesaran praktik pengobatan yang perlu dikaji. Berdasarkan problem akademik tersebut, penelitian iniu menawab tiga rumusan masalah yaitu: Bagaimana bentuk penampilan ayat-ayat pengobatan dalam akun @eriabdurohim di TikTok?, Bagaimana faktor yang mendorong penggunaan TikTok sebagai media penyampaian ayat pengobatan?, Bagaimana implikasi penggunaan TikTok sebagai media pengobatan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an? Penelitain ini merupakan Library Riset yang menjadikan konten-konten penggunaan ayat al-Qur’an untuk pengobatan dalam akun @eriabdurohim sebagai sumber primer, dan tulisan yang berkaitan dengan tema sebagai sumber sekunder. Metode yang digunakan dalam pendekatan ini adalah metode dokumentasi, dimana penulis mencari data dari berbagai sumber baik sumber tertulis maupun secara online. Dalam membaca fenomena atau problem yang dikaji, penulis menggunakan teori Sosiologi pengetahuan : Ideologi dan Utopia yang digagas oleh Karl Manhheim bahwa tiada cara berfikir yang dapat dipahami secara memadai selama asal-usul sosialnya tidak jelas, ideologi ini juga berarti suatu ide pemikiran baru yang muncul dari kecenderungan pola seseorang. Dengan pembacaan teori Karl Mannnheim menunjukan bahwa adanya Ideologi pada Eri Abdurohim terhadap penggunaan media TikTok dalam praktik pengobatan. Temuan penelitian ini menunjukan adanya pergeseran praktik pengobatan menggunakan ayat-ayat al-Qur’an yang selama ini dilakukan secara langsung bergeser dengan memanfaatkan media sosial TikTok, sebagaimana kekonsistenan pada akun @eriabdurohim dalam mengunggah vidio. Kesadaran Eri Abdurohim dalam penggunaan teknologi dengan pemanfaatn media sosial, membentuk Eri Abdurohim dalam keaktifan memanfaatkan media sosial populer pada masanya dalam pembuatan konten tentang pengobatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahbub Ghazali
Uncontrolled Keywords: representasi; ayat pengobatan; pengobatan al-Qur’an; TikTok
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Media Sosial
Obat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 May 2023 14:22
Last Modified: 25 May 2023 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum