EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X

ISTITONGATUL BAITI, NIM. 06670012 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan pada Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X SMA MA'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat peraga efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia kelas X SMA Ma'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas pada pokok bahasan struktur atom. Efektivitas pembelajaran dalam penelitian ini dilihat dari minat dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan berdoa selanjutnya guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok. Setiap kelompok berdiskusi untuk mengerjakan LKS dengan menggunakan alat peraga yang telah disediakan. Guru memantau jalannya diskusi dan membantu peserta didik yang mengalami kesulitan. Setelah selesai berdiskusi, setiap kelompok mengirimkan wakilnya untuk mempresentasikan hasil diskusi, guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi hasil presentasi. Adapun pengambilan datanya dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan soal pre test, post test. Data minat peserta didik yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan masing-masing indikator dalam minat. Data prestasi peserta didik ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi peserta didik dapat diketahui dengan effect size, yaitu selisih antara rerata pre tes - post test siklus III dengan rerata pre test- post test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan minat peserta didik dan prestasi peserta didik. Peningkatan minat peserta didik ditunjukkan dengan kenaikan rerata minat belajar peserta didik dari 78,8% (pada siklus I) menjadi 84,55% (pada siklus III). Peningkatan prestasi peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antar siklus 18,5. Hal ini bararti alat peraga efektif digunakan sebagai media pembelajaran kimia didik kelas X SMA Ma'arif NU I Sirau Kabupaten Banyumas pada pokok bahasan struktur atom tahun pelajaran 2010/2011. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Susy Yunita Prabawati, M.Si 2. Nina Hamidah, S.Si., MA.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, alat peraga, minat belajar dan prestasi belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 08:51
Last Modified: 18 Feb 2016 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum