PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVITION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR

KETUT ISTIQOMAH, NIM. 05430026 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVITION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievment divition) di Kelas VA SDN Adisucipto 1 Depok Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Adisucipto 1 Depok yang berjumlah tiga puluh sembilan siswa. Obyek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievment divition). Penelitian tindakan kelas ini terlaksana sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi motivasi siswa dan angket motivasi belajar siswa dengan data pembanding yaitu hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievment divition), hasil wawancara siswa, catatan harian, hasil LKS, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student teams achievment divition) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Motivasi siswa dilihat dari aspek minat untuk belajar, ketekunan dalam belajar, partisipasi aktif dalam belajar, usaha untuk belajar, dan penyelesaian tugas. Prestasi belajar siswa dilihat dengan adanya kenaikan rata-rata skor tes dari siklus sebelumnya dan sedikitnya 70% dari jumlah siswa mencapai KKM sebesar 65. Secara kuantitatif, hasil persentase motivasi belajar siswa dari aspek minat untuk belajar, ketekunan dalam belajar, partisipasi aktif dalam belajar, usaha untuk belajar, dan penyelesaian tugas terhadap pelajaran matematika mengalami peningkatan dari 60%, 70,25%, 43,25%, 34, 5%, dan 56,25% menjadi 68,75%, 65,5% 72,75%, 68,75%, dan 65,5%. Dan prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yang dapat dilihat dari nilai terendah sebesar 30 pada siklus I menjadi 55 pada siklus II. Begitu juga nilai tertinggi pada siklus I sebesar 65 meningkat menjadi 77,5 pada siklus II. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Estina Ekawati, S.Si, M.Pd, 2. Suparni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, student teams achievment divition, motivasi belajar, dan prestasi belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jan 2015 11:38
Last Modified: 27 Jan 2016 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum