PENGELOLAAN BANK SAMPAH CIKRAK DALAM MENINGKATKAN EKONOMI NASABAH MELALUI LAYANAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DI DESA JATIMULYO KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN

Umi Markhumah, NIM.: 19102030051 (2023) PENGELOLAAN BANK SAMPAH CIKRAK DALAM MENINGKATKAN EKONOMI NASABAH MELALUI LAYANAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DI DESA JATIMULYO KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN BANK SAMPAH CIKRAK DALAM MENINGKATKAN EKONOMI NASABAH MELALUI LAYANAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DI DESA JATIMULYO KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN)
19102030051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN BANK SAMPAH CIKRAK DALAM MENINGKATKAN EKONOMI NASABAH MELALUI LAYANAN ONLINE BERBASIS WHATSAPP DI DESA JATIMULYO KECAMATAN PETANAHAN KEBUMEN)
19102030051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Desa melalui program bank sampah merupakan upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan menangani permasalahan sampah di Desa Jatimulyo. Berdirinya Bank Sampah Cikrak menjadi salah satu bank sampah unggulan di Kecamatan Petanahan dianggap cukup berhasil karena dapat menjangkau masyarakat luas di wilayah Kabupaten Kebumen. Dalam pengelolaan bank sampah menemukan adanya hambatan pada partisipasi masyarakat yang masih belum maksimal, meskipun layanan ojek sampah telah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengelolaan sampah, hasil meningkatkan ekonomi, dan layanan online berbasis whatsapp Bank Sampah Cikrak Desa Jatimulyo. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan menjelaskan hal-hal yang terjadi di lapangan. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis untuk ditarik jawaban dari permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan Desa Jatimulyo mengalami perubahan sebelum dan sesudah adanya bank sampah. Bank Sampah Cikrak memiliki prinsip dalam pola pengelolaan dengan tujuan untuk kesehatan masyarakat tanpa adanya paksaan. Meskipun kesadaran dan kepedulian masyarakat masih bersikap acuh dan kurang dari 50% dari seluruh masyarakat Desa Jatimulyo khususnya di RW 01 yang masih sulit untuk menabung sampah. Pengelolaan sampah yang didaur ulang menjadi produk bank sampah tidak berjalan dengan baik pada bidang pemasarannya. Kemudian, hasil dari menabung sampah dibagikan kepada nasabah saat menjelang Hari Raya Idul Fitri berupa uang dan sembako, serta nasabah mengambil tabungan untuk membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Metode layanan ojek sampah melalui aplikasi whatsapp di Bank Sampah Cikrak sudah mampu menjangkau 20 mitra desa di wilayah Kabupaten Kebumen. Tata pengelolaan bank sampah Desa Jatimulyo memberikan implikasi pada perubahan tindakan masyarakat untuk ikut serta menabung sampah, peningkatan ekonomi dengan layanan online yang dikelola dengan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Peningkatan Ekonomi, Layanan Online Berbasis Whatsapp
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2023 13:57
Last Modified: 08 Sep 2023 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum