PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MAN MAGUWOHARJO

ISWANTO - NIM. 07410241 , (2011) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MAN MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MAN MAGUWOHARJO)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN KELAS X MAN MAGUWOHARJO)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan metode pembelajaran Fiqih berbasis media pembelajaran kelas X MAN Maguwoharjo. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih tersebut dan peningkatan pembelajaran PAI pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Maguwoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui dua modus, yaitu dengan metode ganda (wawancara dan observasi langsung), dan sumber ganda (guru yang bersangkutan dan peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Fiqih kelas X di MAN Maguwoharjo lebih menekankan pada aspek keaktifan dan aktifitas siswa secara penuh dalam proses pembelajaran dikelas. Penggunaan metode dan media pembelajarannya cukup fleksibel. Artinya disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Penjelasan mengenai penggunaan metode, media, sumber bahan pembelajaran dituangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran Fiqih yakni metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode demonstrasi. Media pendukung yang di gunakan dalam pengembangan metode pembelajaran Fiqih yakni berupa media visual yang ditampilkan dengan menggunakan Laptop dan LCD Proyektor. Pengembangan metode yang dilakukan dalam pembelajaran Fiqih tidak melalui pembaharuan langkah-langkahnya, melainkan penerapan metode dilakukan seperti biasa yang mana didominasi peran media secara maksimal selama kegiatan berlangsung. (3) Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan metode pembelajaran Fiqih berbasis media pembelajaran kelas X MAN Maguwoharjo adalah : Metode yang dikembangkan lebih banyak menuntut aktifitas gerak dan media pendukung yang digunakan juga bersifat visual jadi tidak dapat diikuti oleh siswa yang berkebutuhan khusus (tunanetra). Faktor tata ruang kelas yang tidak mendukung pemakaian media elektronik seperti Laptop dan LCD sebagai alat bantu media visual. Pendidik kesulitan melakukan penataan Laptop dan LCD, sehingga banyak waktu yang terbuang hanya untuk menata teknis penempatan media tersebut saja. Tidak tersedianya media yang secara kusus diperuntukkan untuk peserta didik yang berkebutuhan kusus (tunanetra).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Fiqih
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Jun 2013 21:20
Last Modified: 29 Nov 2023 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6057

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum