PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

KOMARIYAH - NIM. 07410285 , (2011) PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE WORD SQUARE DAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IBADAH MUAMALAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Ibadah Muamalah yang mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran Ibadah Muamalah dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII B setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode Word Square dan Talking Stick dalam pembelajaran Ibadah Muamalah di kelas VIII B SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dilaksanakan dalam tiga siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Ibadah Muamalah dengan metode Word Square dan Talking stick cukup signifikan. Peningkatan keaktifan peserta didik terlihat pada perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, berani bertanya dan mengungkapkan pendapat, antusiasme dalam mengerjakan tugas, kemauan menjawab pertanyaan, mencatat materi pelajaran, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan peserta didik dilihat dari hasil angket pada observasi awal sebesar 48,89 %, pada siklus I keaktifan peserta didik menjadi 57,98 %, pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 63,39 %, dan pada siklus III menjadi 75,97 %. Demikian pula dari hasil lembar observasi keaktifan siswa pada observasi pra tindakan sebesar 45,24 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 57,14 %, pada siklus II menjadi 61,91 %, dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi menjadi 76,19 %. Dengan demikian secara keseluruhan keaktifan peserta didik mengalami peningkatan sebesar 27,08%. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Word Squere , Metode Talking Stick
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2013 15:58
Last Modified: 29 Nov 2023 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum