PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK

MUHAMMAD AHLIS, NIM.: 07730011 (2011) PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PRODUCT ENDORSER TERHADAP RESPON KOGNITIF KHALAYAK)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product endorser (celebrity endorser dan non-celebrity endorser) dalam iklan televisi terhadap respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keseluruhan jumlah mahasiswa aktif (populasi) adalah berjumlah 417 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sample, dan dikarenakan jumlah populasi sudah diketahui maka untuk mengukur jumlah sampel menggunakan rumus Slovin. Dan jumlah sampel adalah 81 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala iklan dengan product endorser dan skala respon kognitif. Analisis data dilakukan dengan melakukan uji hipotesis dan uji beda (t-test) yang masuk kedalam kelompok uji dua kelompok berhubungan (Paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser selebriti dan non-selebriti dalam iklan televisi pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukan dengan hasil uji beda yakni 11.230, menunjukan bahwa pemakaian selebriti sebagai product endorser lebih besar dari pada pemakaian non-selebriti sebagai product endorser. Sedangkan berdasarkan harga signifikan (p), dimana p = 0.000, dimana nilai tersebut (p 0,05), maka dapat diartikan terdapat perbedaan ratarata antara nilai selebriti endorser dengan non-selebriti endorser. 2. Terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara pemakaian product endorser dalam iklan televisi dengan respon kognitif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.858 dengan p = 0.000 (p 0.05). Hal ini mengindikasikan bahwa pemakaian product endorser dalam iklan televisi kartu XL memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam membentuk respon kognitif. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdul Rozak, M.pd.
Uncontrolled Keywords: product endorser, selebriti, non-selebriti, respon kognitif
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Jul 2023 10:57
Last Modified: 28 Jul 2023 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum