EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK

MOH MUADIN - NIM. 07600053 (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK)
MOH MUADIN - NIM. 07600053 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI METODE TALKING STICK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING DISERTAI METODE TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Metode belajar, kesiapan guru, dan persepsi sebagian besar peserta didik terhadap matematika menjadi penyebab tinggi rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Pendekatan yang kurang bermakna dan tidak mengaplikasikan keterampilan berhitung pada situasi penemuan atau pemecahan masalah menjadikan peserta didik bosan dan kurang mampu memecahkan masalah dalam matematika. Untuk mengatasinya diperlukan suatu pendekatan yang dapat mengubah persepsi tersebut melalui model pembelajaran yang mudah diterima, menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain quasi eksperimen yang bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing disertai metode talking stick dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing maupun model pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan keliling dan luas lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N Giriloyo, Imogiri, Bantul tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 111 peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 79 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing disertai metode talking stick, kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data yang diuji hipotesis adalah data gain yang diperoleh dari skor posttest dikurangi skor pretest. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu arah. Jika diperoleh hasil bahwa ada perbedaan rata-rata gain dari ketiga kelas sampel maka dilakukan uji pembandingan ganda Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing disertai metode talking stick lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dari pada model pembelajaran matematika dengan pendekatan penemuan terbimbing maupun model pembelajaran ekspositori. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom, 2. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Penemuan Terbimbing, Metode Talking Stick, Pembelajaran Ekspositori, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Oct 2013 15:21
Last Modified: 27 Jan 2016 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum