PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR

RISKA SARASWATI, NIM.: 07680017 (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP N 2 Prambanan Klaten pada mata pelajaran biologi materi pokok ekosistem bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penerapan model problem solving terhadap minat belajar pada materi pokok ekosistem siswa kelas VII SMP N 2 Prambanan Klaten, (2) mengetahui pengaruh penerapan model problem solving terhadap prestasi belajar pada materi pokok ekosistem siswa kelas VII SMP N 2 Prambanan Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasiexperiment). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pretestposttest non ekuivalen. Populasi penelitian meliputi semua siswa kelas VII SMP N 2 Prambanan Klaten yang berjumlah 88 siswa. Diambil sampel 2 kelas yang diambil secara random dengan undian, yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan lembar angket minat dan lembar soal pretest dan posttest. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan validitas isi, validitas logis/konstruk, dan validitas empirik.Reliabilitas instrumen di hitung dengan rumus Cronbach Alpha. Analisis data untuk minat siswa dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji Kolmogorov-Smirnov. Analisis data untuk data prestasi siswa dilakukan dengan menggunakan uji t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang merupakan data minat siswa menunjukkan bahwa model problem solving berpengaruh sangat signifikan (0,000) meningkatkan minat siswa. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa, menunjukkan adanya nilai uji t sebesar 3,289 dengan signifikansi (p-0,002), yang artinya terdapat perbedaan prestasi yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem solving berpengaruh sangat signifikan terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada materi pokok ekosistem kelas VII SMP N 2 Prambanan Klaten. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Suhardi, M.Pd. 2. Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Problem Solving, Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 10:41
Last Modified: 26 Jul 2023 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum