PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT

ULIN NUHA ROSYADI, NIM.: 06680032 (2011) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE POINT-COUNTERPOINT)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran active learning tipe point-counterpoint terhadap prestasi belajar biologi dan partisipasi siswa pada materi pokok pengaruh manusia di dalam ekosistem siswa kelas VII MTs. Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif yaitu kuantitatif dan kualitatif, metode penelitian kuantitatif menggunakan quasi experiment dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta dan sampel yang digunakan adalah kelas IA sebagai kelas kontrol dan kelas IB sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar soal pretest posttest dan lembar observasi. Lembar soal pretest posttest untuk penilaian prestasi belajar siswa dan lembar observasi untuk penilaian partisipasi belajar. Data prestasi yang diperoleh diuji kenormalan dan homogenitasnya terlebih dahulu kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t dan data partisipasi dianalisa dengan teknik analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Point-Counterpoint tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t pada nilai postest untuk kedua kelas diperoleh Sig. (2-tailed) 0.960 pada signifikasi taraf nyata 5% yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan untuk variabel partisipasi, metode Point-Counterpoint berpengaruh positif terhadap partisipasi belajar siswa berdasarkan hasil nilai kategori baik pada kelas kontrol sebanyak 8 siswa atau 25%, sedangkan kelas eksperimen sebanyak 21 siswa atau 65.5% . div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning, Point-Counterpoint, Prestasi belajar, Partisipasi siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:54
Last Modified: 26 Jul 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum