EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

WIRANTI, NIM.: 07600020 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran matematika memiliki tujuan antara lain untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif serta kemampuan bekerjasama. Siswa SMP Negeri 3 Jatinom, Kemampuan berpikir kritis dan logis masih kurang maka penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir logis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 3 Jatinom Klaten tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan desain penelitian (Non equivalent control group design). Variabel penelitian terdiri dari atas 2 variabel, yaitu variabel bebas adalah pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual dan variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan logis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 182 siswa. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil berdasarkan pertimbangan guru yaitu sampel yang memiliki kemampuan dasar yang sama, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen, kelas VIII E sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas IX C. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan logis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. 2. Mulin Nu'man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode penemuan terbimbing, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir logis.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:48
Last Modified: 26 Jul 2023 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum