PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN I YOGYAKARTA

APRIYANI, NIM.: 07140049 (2011) PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN I YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMAN I YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang Pengaruh Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta menurut pemustaka, untuk mengetahui bagaimana kepuasan pemustaka terhadap pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Yogyakarta dan untuk mengetahui adakah pengaruh pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai metode utama, observasi, dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Variabel yang digunakan adalah variabel independen (pelayanan perpustakaan) dan variabel dependen (kepuasan pemustaka). Pengambilan sampel secara Accidental Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden. Analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan data diolah dengan menggunakan SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan perpustakaan di SMAN 1 Yogyakarta termasuk kategori baik terbukti dengan Grand Mean sebesar 3.115. Sedangkan untuk kepuasan pemustaka termasuk dalam kategori tinggi terbukti dengan Grand Mean sebesar 3,152. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,571 dimana r hitung r tabel pada taraf signifikan 5% r tabel sebesar 0,1754 dan pada taraf signifikan 1% r tabel sebesar 0,2084. Nilai koefisien korelasi bernilai sedang atau cukup berarti semakin baik koefisien pelayanan perpustakaan maka semakin tinggi kepuasan pemustaka di Perpustakaan SMAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada perpustakaan untuk meningkatkan maupun mempertahankan kepuasan pemustaka dari segi pelayanan maupun faktor lain diantaranya fasilitas perpustakaan dan kinerja pustakawan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anis Masruri, S.Ag., SIP., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Perpustakaan, Kepuasan Pemustaka
Subjects: Pustakawan > pustakawan, Layanan Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Jul 2023 13:25
Last Modified: 14 Jul 2023 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum