Umri, NIM.: 22204085020 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MANDAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI/SD. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MANDAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI/SD)
22204085020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA MANDAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MI/SD)
22204085020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mandar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika MI/SD; 2) Medeskripsikan efektifitas Media Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mandar untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Matematika MI/SD. Jenis penelitian yang digunakan yaitu RnD (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba melibatkan satu madrasah di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pengumpulan data menggunakan angket berupa angket wawancara, angket respon guru dan respon peserta didik serta instrumen soal pre-test dan pos-test. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji efektivitas menggunakan metode N-Gain. Penelitian menghasilkan dua kesimpulan, yaitu: 1) Media yang diberi nama “Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mandar” untuk materi Matematika kelas 4 Semester 2 “Penyajian Data” di desain menggunakan aplikasi corelDRAW 2021 kemudian dicetak rangkai menggunakan kertas ivory berukuran A3. Setelah Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mandar ini dikategorikan layak berdasarkan penilaian validator/ahli serta melihat hasil respon guru dan respon siswa, selanjutnya media diimplementasikan pada 20 siswa kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyyah Darussalam Sengkae. 2) Media pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mandar dapat dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas 4 MI Darussalam Sengkae Karena adanya peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkannya Media Pop-Up book. Dari nilai rata-rata pre-test 57,5 mengalami peningkatan nilai post-test dengan rata-rata 81,5 berdasarkan hasil belajar Matematika pada 20 peserta didik kelas 4 Madrasah Ibtidaiyyah Darussalam Sengkae. Setelah dilakukan Pretest-Posttest selanjutnya penentuan tingkat keefektifan Media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar berdasarkan skor persentase N-Gain sebesar 56,47 masuk dalam kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pop-Up Book; kearifan lokal; hasil belajar; local wisdom |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 09:03 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 09:03 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66664 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |