MPLEMENTASI KURIKULUM BERMUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIO-RELIGIUS PRODI PGMI JENJANG S-1 UIN SUNAN KALIJAGA

Lilla Septiliana, NIM.: 22204085012 (2024) MPLEMENTASI KURIKULUM BERMUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIO-RELIGIUS PRODI PGMI JENJANG S-1 UIN SUNAN KALIJAGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MPLEMENTASI KURIKULUM BERMUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIO-RELIGIUS PRODI PGMI JENJANG S-1 UIN SUNAN KALIJAGA)
22204085012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (MPLEMENTASI KURIKULUM BERMUATAN MODERASI BERAGAMA DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SOSIO-RELIGIUS PRODI PGMI JENJANG S-1 UIN SUNAN KALIJAGA)
22204085012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendeskripsikan konsep moderasi beragama yang ditanamkan kepada mahasiswa prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga; 2) mendeskripsikan proses implementasi kurikulum bermuatan moderasi beragama dalam menumbuhkan sikap sosio-religius beragama bagi mahasiswa prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga; 3) mendeskripsikan efek implementasi kurikulum bermuatan moderasi beragama dalam menumbuhkan sikap sosio-religius bagi mahasiswa prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga. Jenis Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1) Konsep moderasi beragama yang ditanamkan kepada mahasiswa lebih mengarah pada konsep tawassuth yaitu sikap moderat menekankan kepedulian dan menerima perbedaan tanpa membeda-bedakan golongan, ras, suku, atau budaya terutama dalam lingkup PGMI UIN Sunan Kalijaga. Hal tersebut didukung oleh beberapa unsur termasuk penggunaan prinsip, indicator, landasan dan fungsi moderasi beragama yang sesuai dengan pandangan teoritis; 2) proses implementasi kurikulum bermuatan moderasi beragama dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) efek implementasi kurikulum bermuatan moderasi beragama dalam menumbuhkan sikap sosio-religius prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga menunjukkan bahwa mahasiswa sudah menerapkan sikap menghormati dan memuliakan orang lain, tolong menolong dalam kebaikan dan menutup aib orang lain dan menghargai orang lain baik segama maupun berbeda agama sebagaimana dirinya menghargai dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: curriculum; religious moderation; socio-religious attitudes; moderasi beragama
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Sep 2024 09:10
Last Modified: 03 Sep 2024 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum