ANALISIS PERSEPSI GURU, PESERTA DIDIK, DAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: IMPLIKASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA

Fatonah Salfadilah, NIM.: 22204081012 (2024) ANALISIS PERSEPSI GURU, PESERTA DIDIK, DAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: IMPLIKASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERSEPSI GURU, PESERTA DIDIK, DAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: IMPLIKASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA)
22204081012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERSEPSI GURU, PESERTA DIDIK, DAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0: IMPLIKASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA)
22204081012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula karena Pendidikan Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0 menghadapi tantangan baru seperti penyebaran informasi palsu, meningkatnya ketidaksetaraan akses teknologi serta perubahan dinamika komunikasi antar individu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi persepsi guru, peserta didik, dan orang tua terhadap relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan tantangan yang dihadapi dalam era Revolusi Industri 4.0; 2) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan peserta didik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan; 3) untuk menganalisis dampak penerapan Kurikulum Merdeka terhadap pemahaman dan partisipasi peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan open-ended question. Informan pada penelitian ini ialah wali kelas berjumlah 11 orang, peserta didik berjumlah 10 orang, dan orang tua berjumlah 40 orang. Analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan tiga kesimpulan, yakni; 1) persepsi guru, peserta didik, dan orang tua menunjukkan kesadaran akan pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam menghadapi tantangan kompleks zaman yang terus berkembang; 2) implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0 memiliki sejumlah kendala, baik dari pihak guru maupun peserta didik. Juga, guru menghadapi tantangan seperti keterbatasan sumber daya, keterbatasan waktu, keterbatasan pengetahuan dan keterampilan, serta tantangan dalam evaluasi dan penilaian. Di sisi lain, peserta didik menghadapi kendala seperti keterbatasan pemahaman konsep kewarganegaraan, kurangnya keterlibatan aktif, tantangan teknologi, dan kesulitan dalam mengaitkan materi dengan konteks nyata; 3) implikasi Kurikulum Merdeka terhadap persepsi guru dan peserta didik dalam konteks Pendidikan Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0 menyoroti pentingnya pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran, pengembangan keterampilan abad ke-21, pembelajaran berbasis proyek, pemberdayaan siswa, pengakuan nilai kewarganegaraan digital, serta kesiapan dalam menghadapi perubahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Civic Education; Industrial Revolution 4.0; Independent Curriculum; Elementary School
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Sep 2024 10:12
Last Modified: 03 Sep 2024 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum