Andini Apriliyani, NIM.: 20102040075 (2024) ANALISIS JABATAN PADA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS JABATAN PADA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (ANALISIS JABATAN PADA PEGAWAI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Analisis jabatan pegawai merupakan awal bagi penyusunan sebuah formasi dengan segala dasar dan faktor yang telah diidentifikasi untuk memutuskan jumlah dan susunan pangkat pegawai di suatu organisasi agar dapat menjalankan tugas dan pekerjaannya dengan baik. kesesuaian analisis jabatan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY menjadi persoalan penting karena penyelenggaraan pelayanan publik memerlukan aparatur pemerintah yang mempunyai kualifikasi profesional dan kualifikasi yang sesuai. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian lapangan, pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan melalui uji keabsahan data kredibilitas (triangulasi), transferabilitas, dependibilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, analisis jabatan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY sudah berjalan melalui beberapa tahapan, Pertama, persiapan dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pegawai, desain, dan struktur organisasi. Kemudian, tim pelaksana analisis jabatan dibentuk, terdiri dari berbagai jabatan fungsional, yang memberi pemberitahuan kepada unit sasaran dari Biro Organisasi. Formulir analisis jabatan dan petunjuk pengisian disampaikan oleh tim tersebut. Kedua, data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi aktivitas, tugas, serta tanggung jawab pemegang jabatan. Data tambahan diperoleh dari catatan harian, rencana kerja, dan laporan pelaksanaan pekerjaan. Ketiga, pengolahan data dilakukan dengan menyusun uraian jabatan sesuai peraturan Kepala BKN No. 12 Tahun 2011. Spesifikasi jabatan mencakup latar pendidikan, pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman. Peta jabatan dianalisis untuk menentukan pangkat/golongan dan beban kerja. Terakhir, verifikasi jabatan dilakukan untuk mengidentifikasi jabatan, membagi jabatan menjadi struktural dan fungsional, serta memastikan kejelasan nama, kode, dan ikhtisar jabatan. Kualifikasi jabatan diatur oleh Pergub DIY No. 15 Tahun 2021, dan verifikasi uraian tugas dilakukan agar pegawai bekerja sesuai dengan tugas, bahan dan perangkat kerja, hasil kerja, tanggung jawab, dan wewenang yang telah ditetapkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr Maryono, S.Ag., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Jabatan; Pegawai; Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi |
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1) |
Depositing User: | Widiyastut |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 10:28 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 10:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66674 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |