PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI

Homsani Nasution, NIM.: 22204031009 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI)
22204031009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI BOOK BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI)
22204031009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan literasi anak usia dini diantaranya belum terampil menulis huruf hijaiyah. Apabila dilihat dari kemampuannya menulis, terdapat beberapa siswa hanya menirukan atau menuliskan huruf hijaiyah belum terampil. Keterampilan menulis hijaiyah seharusnya menjadi perhatian para guru PAUD. Agar tujuan pembelajaran tercapai, guru terampil memilih media yang tepat. Salah satu media untuk meningkatkan keterampilan menilis huruf hijayaih bagi anak usia dini menggunakan mini book. Tujuan penelitian meneliti keefektifan media mini book belajar huruf hijaiyah. Metode penelitian menggunakan R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis,Design, Developmenet, Implementation, and Evaluationt) . Responden penelitian anak kelompok B di RA Ar-Rafif Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18-29 Maret 2024. Sampel penelitian peserta didik kelompok B di RA Ar-Rafif Yogyakarta yang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan pengumpulan penilaian skala likret. Uji validasi produk menggunakan uji efektifitas yaitu uji paired sampel t test dengan model one group Pre-test dan post-test Design Hasil penelitian menunjukkan: Tahapan pertama menganalisis peserta didik dilanjutkan mendesain, dan mengembangkan media, kemudian mengimplementasikan serta mengevaluasi media. Kedua, media pembelajran mini book bergambar efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyah dibuktikan dari hasil analisis aspek pengenalan, penamaan huruf hijaiyah, pemahaman urutan huruf, dan menghubungkan pelafalan dengan huruf. Hasil uji eveftivitas dari penilaian pre-test sebesar 43% dan post-test 56%. Selanjutnya hasil uji analisis Paired sampel t-test diperoleh nilai Sig sebesar 0,001

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; mini book; keterampilan menulis; Zona pembelajaran proximal Vygotsky
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Sep 2024 10:26
Last Modified: 03 Sep 2024 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum