MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 YOGYAKARTA

Muhamad Fikri Halwan Fauzi, NIM.: 20104090078 (2024) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 YOGYAKARTA)
20104090078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 YOGYAKARTA)
20104090078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya perubahan kurikulum yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk semua satuan pendidikan tanpa terkecuali madrasah. Kementerian Agama mengatur perubahan kurikulum tersebut melalui KMA No. 347 Tahun 2022. Perubahan kurikulum tersebut menjadi kurikulum merdeka yang mana pada pelaksanaan di madrasah memiliki tantangan yang cukup banyak. Tantangan tersebut yaitu masih minimnya sumber referensi, ketersediaan guru penggerak atau fasilitator serta durasi persiapan yang terbatas. Namun, MAN 2 Yogyakarta sebagai madrasah piloting pelaksanaan kurikulum merdeka mampu melaksanakan kurikulum merdeka tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara Transcriping, Coding, Grouping, Comparing dan Contrasting serta Interpreting. Keabsahan data diperkuat dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Yogyakarta berjalan sesuai dengan komponen-komponen kurikulum merdeka. Pertama, analisis karakteristik satuan pendidikan. Kedua, menentukan visi, misi dan tujuan madrasah. Ketiga, pengorganisasian pembelajaran dapat mewadahi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Keempat, perencanaan pembelajaran memuat perencanaan pembelajaran ruang lingkup satuan pendidikan, modul ajar dan asesmen. Kelima, melaksanakan pendampingan, evaluasi dan pengembangan profesional; b) manajemen strategi kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Yogyakarta melalui empat tahapan. Pertama, pengamatan lingkungan menggunakan analisis SWOT. Kedua, perumusan strategi yaitu memberikan kesempatan kepada semua stakeholder, dapat memudahkan pendidik dan peserta didik, memastikan implementasi kurikulum merdeka dapat berjalan. Ketiga, implementasi strategi yaitu peningkatan kompetensi pendidik melalui workshop, bimbingan teknik, study tiru dan mengundang narasumber serta penyusunan modul ajar disesuaikan dengan kebutuhan. Keempat, evaluasi strategi yaitu melalui supervisi akademik dan asesmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Syaefudin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah; Kurikulum Merdeka
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Sep 2024 11:47
Last Modified: 03 Sep 2024 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum