Mohammad Ghalil Gibran, NIM.: 20104090074 (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 2 YOGYAKARTA)
20104090074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI MAN 2 YOGYAKARTA)
20104090074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang Penelitian ini bermula dari ketertarikan Peneliti untuk mengkaji pendidikan karakter di lembaga pendidikan Islam dalam upaya membentuk siswa yang memiliki karakter religius melalui program kegiatan keagamaan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) konsep manajemen pendidikan karakter religius siswa melalui program kegiatan keagamaan (2) proses pelaksanaan manajemen pendidikan karakter religius siswa (3) hasil pelaksanaan manajemen pendidikan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk teknik keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, konsep pendidikan karakter di MAN 2 Yogyakarta berpedoman pada Visi nya Taqwa, Mandiri, Prestasi, Inovatif, berwawasan lingkungan yang diakronimkan TAMPIL ISLAMI dan juga dengan misi nya. Kedua, MAN 2 Yogyakarta sudah menerapkan fungsi manajemen, yang meliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling). Ketiga, bentuk program kegiatan keagamaan di MAN 2 antara lain: shalat dhuha, shalat berjamaah, tadarus al-Qur’an, pembacaan asmaul husna. Hasil pelaksanaan program kegiatan keagamaan dianalisis menggunakan konsep religiusitas menurut Glock dan Stark, yakni dimensi keyakinan (religious belief) siswa menyakininya dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan , dimensi praktik agama (religious practice) kesadaran siswa akan pentingnya menjalankan kewajiban masih rendah, dimensi penghayatan (religious feeling) siswa masih perlu ditanamkan lebih rasa kedekatan dengan Allah, dimensi pengetahuan (religious knowledge) siswa memiliki pemahaman tentang ajaran agamanya , dimensi pengalaman (religious effect) siswa mampu mengamalkan ajaran agamanya. Bisa dikatakan bahwa seseorang dikatakan religius jika mampu menerapkan dimensi-dimensi religiusitas tersebut dalam berperilaku dan berkehidupan. Hasil pelaksanaan membuktikan bahwa tingkat religiusitas siswa MAN 2 Yogyakarta sudah baik, meskipun masih ditemui siswa yang kurang dalam penghayatan dan kesadaran, khususnya di dalam dimensi praktik agama dan dimensi penghayatan. Kemudian, faktor pendukung diantaranya lingkungan madrasah yang kondusif, keteladanan seluruh stakeholder, sarana dan prasarana, kebiasaan baik siswa. Sedangkan penghambatnya pergaulan usia remaja, pengaruh gadget, kebiasaan buruk siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. Subiyantoro, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | nilai karakter; pendidikan karakter; program kegiatan keagamaan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 14:00 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 14:00 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66690 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |