M Choirul Muzaini, NIM.: 22204081028 (2024) PEMBELAJARAN IPAS DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN ACADEMIC SKILLS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PEMBELAJARAN IPAS DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN ACADEMIC SKILLS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI)
22204081028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
Text (PEMBELAJARAN IPAS DENGAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS PjBL UNTUK MENUMBUHKAN ACADEMIC SKILLS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI)
22204081028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Dasar Negeri Giwangan merupakan sekolah penyelenggara inklusi, dalam hal ini sangat penting bagi seorang guru untuk merancang strategi pembelajaran yang memungkinkan semua siswa, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus, untuk mencapai potensi akademiknya. Pembelajaran IPAS dengan pendekatan TPACK berbasis PjBL dapat menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan keterampilan akademik seperti keterampilan memecahkan masalah, keterampilan kolaborasi, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan komunikasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat, serta untuk mendeskripsikan academic skills yang dapat ditumbuhkan melalui penerapan pembelajaran IPAS dengan pendekatan TPACK berbasis PjBL di Sekolah Dasar Inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V mata pelajaran IPAS. Adapun teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Penerapan pembelajaran IPAS dengan Pendekatan TPACK berbasis PjBL Untuk Menumbuhkan academic skills dilaksanakan melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru memanfaatkan teknologi seperti laptop, proyektor, LCD proyektor, aplikasi canva, dan youtube untuk menyampaikan materi terkait proyek. Proses pembelajaran berbasis proyek setiap tema dilakukan melalui tahap planning, executing, dan reporting, sesuai dengan sintaks PjBL yang terdapat dalam Modul Ajar/RPP. Kedua, Faktor pendukung meliputi guru memahami tentang konsep dan langkah-langkah proyek pembelajaran, kemampuan siswa untuk bekerja sama dan mandiri, serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat meliputi keterbatasan guru tertait langkah-langkah pelaksanaan proyek pembelajaran dan kurangnya sarana serta prasarana pendukung. Ketiga, Academic skills yang mampu ditumbuhkan melalui pembelajaran IPAS dengan pendekatan TPACK berbasis PjBL bahwa siswa memliki keterampilan memahahami, berpikir kritis, memecahkan masalah, belajar mandiri, berkomunikasi, dan berkolaborasi, hal tersebut membuktikan bahwa pendekatan ini efektif dalam menumbuhkan keterampilan akademik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Academic Skills; Pembelajaran IPAS; Sekolah Dasar Inklusi; TPACK. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 14:10 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 14:10 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66691 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |