Winda Fitriana, NIM.: 20104070042 (2024) PENGEMBANGAN KARNOBI (KARTU UNO BIOLOGI) BERBASIS QR-CODE MATERI SISTEM RESPIRASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN KARNOBI (KARTU UNO BIOLOGI) BERBASIS QR-CODE MATERI SISTEM RESPIRASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA/MA)
20104070042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN KARNOBI (KARTU UNO BIOLOGI) BERBASIS QR-CODE MATERI SISTEM RESPIRASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA/MA)
20104070042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran KARNOBI (Kartu Uno Biologi) pada materi sistem respirasi untuk digunakan pada pembelajaran biologi siswa kelas XI SMA/MA, (2) Mengetahui kelayakan media KARNOBI (Kartu Uno Biologi) sebagai media pembelajaran pada pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA, (3) Mengetahui tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berupa KARNOBI (Kartu Uno Biologi) pada materi sistem respirasi kelas XI SMA/MA. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian R&D (Research & Development) serta menerapkan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate) yang dilakukan secara terbatas. Kualitas produk akan dinilai menggunakan instrumen penilaian berdasarkan skala Likert untuk reviewer (1 ahli materi, 1 orang ahli media, 5 peer reviewer, dan 1 guru biologi) dan skala Guttman untuk 15 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari pengambilan data yang telah dilakukan yaitu penilaian ahli materi sebesar 94,4%, penilaian ahli media sebesar 98%, penilaian peer reviewer sebesar 99%, penilaian guru biologi 86% dan respon siswa memiliki persentase sebesar 99%. Dengan demikian kualitas produk media pembelajaran kartu uno biologi berbasis QR-Code termasuk dalam kategori sangat baik dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Runtut Prih Utami, S.pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Kartu Uno Biologi; QR-Code; Sistem Respirasi |
Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 09:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 09:23 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66694 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |