PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGABLAK SITIMULYO

Aidah Nur Rohmah, NIM.: 17104080087 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGABLAK SITIMULYO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGABLAK SITIMULYO)
17104080087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI SAINS TERHADAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SDN NGABLAK SITIMULYO)
17104080087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang ini bermula dari lokasi SDN Ngablak Sitimulyo yang berdekatan dengan TPST Piyungan dan siswa yang belum peduli lingkungan berupa siswa tidak membuang sampah pada tempatnya serta masih marak menggunakan botol plastik sekali pakai. Melalui pembelajaran IPAS siswa dapat ditanamkan sikap peduli lingkungan dan literasi sains. Permasalahan yang dikaji adalah : (1) ada atau tidaknya pengaruh antara kemampuan literasi sains terhadap kepedulian lingkungan siswa kelas IV SDN Ngablak Sitimulyo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kemampuan literasi sains terhadap kepedulian lingkungan siswa kelas IV SDN Ngablak Sitimulyo. Nantinya hasil penelitian dapat digunakan sebagai acuan pencapaian kemampuan literasi sains dan kepedulian lingkungan di tahun berikutnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini memperoleh data dari tes, observasi dan wawancara. Sasaran penelitian seluruh siswa kelas IV SDN Ngablak Sitimulyo sebanyak 41 siswa. Variabel yang diteliti berupa kemampuan literasi sains sebagai variabel bebas dan kepedulian sebagai variabel terikat. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains berpengaruh positif terhadap kepedulian lingkungan siswa kelas IV dengan signifikansi sebesar 0,025 yang berarti kurang dari 0,05. Besarnya pengaruh kemampuan literasi sains terhadap kepedulian lingkungan sebesar 12,2% dilihat dari hasil nilai koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: literasi sains; kepedulian lingkungan; Pembelajaran IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 09:11
Last Modified: 04 Sep 2024 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum