PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA

Tolibuddin Siregar, NIM.: 22204021011 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA)
22204021011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID DI MIN 3 BANTUL YOGYAKARTA)
22204021011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada guru serta peserta didik kelas 3 di MIN 3 Bantul Yogyakarta bahwa fakta yang terjadi didalam kelas karena peserta didik belum bisa membaca tulisan Arab dengan yang baik serta peserta didik merasa susah dalam menghafalkan kosakata mufrodat bahasa Arab setelah observasi peserta didik kelas 3 merasa kesulitan dalam membaca dan menghafal kosa kata serta belum bisa membedakan huruf hijaiyah yang membentuknya tersebut maka peneliti memamfaatkan aplikasi berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau yang sering pula disebut R&D (Research and Develoment), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE teori dari Dick and Carey yang memiliki lima langkah yaitu Analysis, Design, Deploment, Implementation, Evaluatation. Adapun teknik pengumpulan data berupa test yaitu pre-test dan post-test, untuk menguji peserta didik dengan melakukan observasi, wawncara, dan angket. Efektitas media pembelajaran mufrodat bahasa Arab menggunakan aplikasi berbasis android di MIN 3 Bantul Yogyakarta, akan menjelaskan kegiatan pengembangan produk dan dan menghasilkan uji coba produk media pembelajaran mufrodat bahasa Arab menggunakan aplikasi berbasis android. Berukut hasil uji coba produk melalui pre-test mendapatkan 84,3, post-test 73,2, dan hasil respon peserta didik 37,98. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji efektifitas melalui aplikasi SPSS. Berdasarkan langkah tahapan analisis persiapan secara rata-rata mengalami peningkatan (Mean Difference) 20,03042 selama pengembangan media pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi berbasis android akan diterapkan uji coba df (47) t (4,860), dan nilai signifikan <0,001>, dan nilai lower menunjukkan adanya efek yang besar yaitu 20.03042.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Zainal Arifin Ahmad, M.A.g,
Uncontrolled Keywords: android; hasil belajar; pengembangan media; pembelajaran Mufrodat
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 09:18
Last Modified: 04 Sep 2024 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum