Osa Arina Manasikana, NIM.: 20104080006 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD MA’ARIF NURUL JANNAH KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD MA’ARIF NURUL JANNAH KULON PROGO)
20104080006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD MA’ARIF NURUL JANNAH KULON PROGO)
20104080006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Osa Arina Manasikana, “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Ma’arif Nurul Jannah Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2024. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kurangnya kemampuan siswa terhadap isi bacaan yang dibaca serta kesulitan guru menemukan model pembelajaran yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Ma’arif Nurul Jannah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Ma’arif Nurul Jannah Kulon Progo yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji effect size bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa kelas IV SD Ma’arif Nurul Jannah. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan memperoleh nilai tes rata-rata = 72 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai tes rata-rata = 65,74. Setelah dilakukan treatment hasil belajar pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata hasil belajar = 92,60 sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata hasil belajar = 73,4. Setelah itu digunakan juga perhitungan dengan menggunakan uji independent sample t-test menujukkan hasil 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran CIRC dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD Ma’arif Nurul Jannah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Membaca Intensif; Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC); Model Pembelajaran |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 09:22 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 09:22 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66697 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |