Farhil Husaini, NIM.: 22204081005 (2024) KEPEMIMPINAN PERILAKU KEPALA MADRASAH DALAM PENYUSUNAN MODUL PROJEK SEBAGAI PEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KEPEMIMPINAN PERILAKU KEPALA MADRASAH DALAM PENYUSUNAN MODUL PROJEK SEBAGAI PEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN)
22204081005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
Text (KEPEMIMPINAN PERILAKU KEPALA MADRASAH DALAM PENYUSUNAN MODUL PROJEK SEBAGAI PEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ‘ALAMIN)
22204081005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kurikulum merdeka, Kemendikbudristek menetapkan kerangka dasar kurikulum. Pada kerangka dasar tersebut ditetapkan profil pelajar pancasila sebagai sasaran puncak kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik. Di Kementerian Agama profil pelajar tersebut ditambah dengan Profil Pelajar Rahmatan Lil 'Alamin. Dalam implementasinya di madrasah, kepemimpinan sangat memegang peranan penting dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Kepemimpinan yang digunakan dalam pendidikan haruslah mengupayakan dan mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien. Hal ini menarik untuk diteliti guna melihat sejauh mana kepemimpinan kepala madrasah dapat membentuk peserta didik yang berkarakter sesuai profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil 'alamin. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ialah Kepala madrasah dan Waka Kurikulum. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyusunan modul projek profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil 'alamin di MIS Al-Huda Sleman melalui tahapan yang matang, dengan membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan madrasah, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu serta menyusun modul. 2) Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam penyusunan modul projek sebagai pembentuk profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil 'alamin yaitu memberikan keteladanan dalam kedisiplinan, perilaku kepemimpinan tegas, perilaku kepemimpinan optimis dan semangat, perilaku kepemimpinan bijaksana, perilaku kepemimpinan rendah hati. 3) Relevansi Perilaku Kepemimpinan Kepala madrasah sebagai pelopor pembaharuan, penentu arah kebijakan, pengambil keputusan, pengelola sumber daya, membangun hubungan, pengawasan dan evaluasi, dan pengembangan professional dalam mewujudkan profil pelajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Madrasah Principal Leadership; Independent Curriculum; Pancasila Student Profile |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 09:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 09:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66699 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |