PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Syakirotun Ni’mah, NIM.: 21204022023 (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
21204022023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB BERBASIS STRATEGI RAFT UNTUK SISWA KELAS XI MAN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
21204022023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Metode pembelajaran yang monoton dan berpusat pada buku teks dianggap sebagai faktor utama problematika ini. Selain itu, pembelajaran saat ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan multimedia keterampilan membaca bahasa Arab berbasis strategi RAFT untuk siswa kelas XI MAN 1 Bantul Yogyakarta; (2) Efektifitas multimedia keterampilan membaca bahasa Arab berbasis strategi RAFT untuk siswa kelas XI MAN 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran, peneliti menggunakan jenis Non-Equivalent Group Design. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI Keagamaan MAN 1 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Data berupa angka akan dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan IBM SPSS 27. Berdasarkan tahapan tersebut hasil dari penelelitian ini adalah 1) Produk multimedia pembelajaran berupa aplikasi BATIK (Bahasa Arab itu Asik) yang dikembangkan dengan software pendukung Smart Apps Creator. Aplikasi ini terdiri dari 3 tema materi semester gasal kelas XI Madrasah Aliyah. Materi pada aplikasi disajikan secara interaktif dalam bentuk audio visual, teks, gambar, dan game quiz dalam langkah-langkah strategi RAFT. 2) Peneliti menguji efektivitas aplikasi BATIK dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2.-tailed) pre-test dan post-test sebesar 0,000 yang mana < 0,05, yang mana

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran; Maharah al-Qira’ah, Strategi RAFT
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 09:49
Last Modified: 04 Sep 2024 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum