PENGEMBANGAN E-KOMIK MATERI LARUTAN ASAM BASA BERBASIS WEB APP CAFE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR

Isna Fakhrusina Salsabilla, NIM.: 20104060001 (2024) PENGEMBANGAN E-KOMIK MATERI LARUTAN ASAM BASA BERBASIS WEB APP CAFE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-KOMIK MATERI LARUTAN ASAM BASA BERBASIS WEB APP CAFE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR)
20104060001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-KOMIK MATERI LARUTAN ASAM BASA BERBASIS WEB APP CAFE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR)
20104060001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya variasi media pembelajaran menyebabkan minat belajar pada siswa rendah. Salah satu media pembelajaran yang dapat menjadi alternatif yaitu e-komik. Namun dalam pembuatan e-komik kebanyakan menggunakan beberapa software dengan ukuran besar dan berbayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-komik, mengetahui karakteristik e-komik, mengetahui kualitas e-komik berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia SMA/MA), serta mengetahui respons siswa terhadap produk yang dikembangkan. E-komik kimia yang dikembangkan berjudul “CHEKOS MABA” dengan ukuran A4 yang tersusun atas lima sub materi. E-komik ini juga dilengkapi dengan praktikum sederhana, contoh soal (pembahasan), latihan soal (kunci jawaban), dan glosarium. Adapun jenis penelitian ini yaitu pengembangan atau R&D bermodel 4-D (Define, Design, Development, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel (1974). Namun pada penelitian ini, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian. Kemudian, penilaian kualitas e-komik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket berskala Likert (1-5) dan lembar respons siswa berskala Guttman (“Ya” dan “Tidak”). Hasil penilaian kualitas e-komik berbasis web app CafE memperoleh presentase sebesar 100% (SB) dari ahli materi, 94% (SB) dari ahli media, 94% (SB) dari reviewer (guru kimia SMA/MA), dan 97% (SB) dari respons siswa. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-komik kimia materi larutan asam basa berbasis web app CafE dapat menjadi alternati media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; E-komik; Larutan Asam Basa; Canva for Education (CafE)
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 14:03
Last Modified: 04 Sep 2024 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum