PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VA MI AL-HIDAYAH JOMBANG

Lafiatul Jannah, NIM.: 20104080039 (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VA MI AL-HIDAYAH JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VA MI AL-HIDAYAH JOMBANG)
20104080039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VA MI AL-HIDAYAH JOMBANG)
20104080039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui penerapan media pembelajaran wordwall dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VA MI Al-Hidayah Jombang. Dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA dengan penerapan media pembelajaran berbasis wordwall pada pelajaran bahasa Arab di MI Al-Hidayah Jombang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan fakta di lapangan berdasarkan observasi yang dilakukan pada mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas VA MI Al-hidayah Jombang yang menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung terdapat siswa yang masih mengobrol ketika guru sedang menjelaskan materi, siswa tidak memperhatikan guru dan sibuk bermain dan keluar dari tempat duduknya. Adapun siswa yang mengantuk karena bosan dan masih banyak siswa ketika ditanya mengenai materi mereka tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru. Selain itu ketika diuji melalui pre-test banyak siswa yang belum tuntas dan mendapatkan nilai dibawah standar KKM. Selama proses pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi. Sehingga selama proses pembelajaran keinginan belajar siswa dan keantusiasan belajar siswa belum muncul dikarenakan pembelajaran yang cenderung monoton. Akibatnya proses pembelajaran berlangsung tidak maksimal dan hasil belajar siswa masih dalam kategori kurang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dengan pemberian soal pre-test menunjukkan nilai rata–rata pada mata pelajaran bahasa Arab kelas VA MI Al Hidayah Jombang adalah 52,60 artinya masih dalam kategori kurang. Sehingga permasalahan seperti ini harus diselesaikan dengan menjadikan proses pembelajaran berlangsung menjadi lebih menarik dan tidak monoton bagi siswa. Salah satu cara untuk menumbuhkan keinginan belajar siswa dan antusias belajar siswa untuk belajar bahasa Arab yaitu dengan pemilihan media pembelajaran yang unik dan menarik. Sehingga ketika rasa ingin tahu untuk belajar dan antusias belajar siswa sudah tumbuh dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab kelas VA. Tujuan penelitian ini yaitu: pertama, menerapkan media pembelajaran berbasis wordwall selama proses pembelajaran bahasa Arab kelas VA. Kedua, meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dengan penerapan media pembelajaran berbasis wordwall"ِ Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research dengan desain penelitian menggunakan model dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi yang tersusun dari dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengamati keterlaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis wordwall dan tes yang dilakukan berupa pre-test dan post-test yang dilaksanakan di kelas dan di rumah untuk mengetahui hasil belajar bahasa Arab selama proses penerapan media pembelajaran wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penerapan media pembelajaran berbasis wordwall selama proses pembelajaran bahasa Arab pada materi fi{ maqs}ofi dengan memberikan tampilan dari aplikasi wordwall yaitu kosakata bahasa Arab dan teks bahasa Arab. Kedua, kegiatan siswa selama proses belajar pada mata pelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan penerapan menggunakan media pembelajaran wordwall. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil rata – rata hasil belajar siswa selama proses belajar dimana pada pra siklus memiliki rata-rata 52,60, sedangkan pada siklus I dengan menggunakan penerapan media berbasis wordwall yang dilaksanakan di kelas memiliki rata-rata 72,60 dan post-test yang dikerjakan di rumah memiliki rata – rata nilai 84,78 yang mengalami peningkatan. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai post-test yang dilakukan di kelas memiliki rata-rata 94,78 dengan rata – rata yang diperoleh yaitu 100 dalam artian memiliki peningkatan yang tinggi selama proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis wordwall pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas VA MI Al Hidayah Jombang. Data tersebut menjelaskan bahwa setiap pergantian siklus rata-rata dari hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Selain itu pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II mendapatkan persentase ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 94,78 dan 100 telah melebihi indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu persentase rata-rata hasil belajar siswa lebih dari 85%. Dengan keterangan bahwa hasil belajar siswa kelas VA MI Al Hidayah Jombang mendapatkan nilai rata - rata >70 dan termasuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Jauhar Hatta,. S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Wordwall; Bahasa Arab; Media Pembelajaran
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 14:37
Last Modified: 04 Sep 2024 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum