MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM WAY TUBA WAY KANAN LAMPUNG

Wiwin Anggita Pratiwi, NIM.: 20104090076 (2024) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM WAY TUBA WAY KANAN LAMPUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM WAY TUBA WAY KANAN LAMPUNG)
20104090076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA MIFTAHUL ULUM WAY TUBA WAY KANAN LAMPUNG)
20104090076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu terdapat beberapa siswa yang mengikuti pramuka namun tidak patuh dengan peraturan sekolah, kurangnya tanggung jawab dalam melaksanakan kewajiban, kurang memiliki sikap keberanian sehingga saling mengandalkan, belum maksimalnya kedisiplinan dan kerapihan kemudian adanya perbedaan penelitian-penelitian sebelumnya terkait pengaruh kegiatan pramuka dalam mengembangkan karakter disiplin siswa. Sehingga dalam hal tersebut penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana manajemen dan startegi dalam mengembangkan karakter disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MA Miftahul Ulum Way Tuba serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui beberapa tahap yaitu transcript, coding, grouping, comparing dan contrasing. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini mencakup kepala madrasah, satu pembina pramuka, waka kesiswaan, tiga wali kelas, dan empat siswa yang mengikuti pramuka. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MA Miftahul Ulum Way Tuba mencakup empat aspek utama : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Strategi pengembangan karakter disiplin siswa diimplementasikan melalui metode pengajaran yang mencakup program kerja, serta penilaian sosial yang mendorong siswa untuk mengembangkan kedisiplinan, kepemimpinan, kemandirian, dan solidaritas. Kegiatan Pramuka berpengaruh signifikan terhadap perkembangan kedisiplinan siswa. Faktor pendukung utama dalam pelaksanaan kegiatan pramuka adalah dukungan penuh dari pihak sekolah, namun terdapat juga beberapa hambatan, seperti pandangan negatif sebagian siswa, rendahnya minat dan pemahaman terhadap pramuka, serta ketergantungan pada teknologi yang menyebabkan siswa kurang disiplin. Untuk mengatasi tantangan ini, sekolah berupaya meningkatkan program pramuka yang lebih menarik, memberikan motivasi berkelanjutan, serta memperkuat kerjasama dengan seluruh stakeholder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nora Saiva Jananna, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Disiplin; Ekstrakurikuler Pramuka; pendidikan karakter
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Sep 2024 15:23
Last Modified: 04 Sep 2024 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum