EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL

Arifah Nurrahmawati, NIM.: 20104090072 (2024) EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL)
20104090072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (EVALUASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI PERPUSTAKAAN BAITUL HIKMAH SMK MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL)
20104090072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah dalam pelaksanaan program-program yang ada di perpustakaan Baitul Hikmah masih terdapat kendala, yaitu evaluasi belum diadakan secara rutin. Hal ini menyebabkan perlunya diadakan evaluasi guna melihat seberapa jauh pelaksanaan program GLS yang ada di perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui evaluasi program GLS serta faktor pendukung dan penghambat di Perpustakaan Baitul Hikmah SMK Muhammadiyah Imogiri Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu: kepala sekolah SMK Muhammadiyah Imogiri, kepala perpustakaan Baitul Hikmah SMK Muhammadiyah Imogiri, guru Bahasa Indonesia dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menujukkan bahwa: pertama hasil evaluasi program GLS meliputi 1) evaluasi context yakni latar belakang terbentuknya program untuk menilai literasi siswa, sedangkan keadaan lingkungan yaitu sarana prasarana yang dibutuhkan sudah memadai, kebutuhan program melalui dana/anggaran sesuai rencana, sasaran program adalah siswa, dan tujuan program yaitu untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan agar para peserta didik tertarik untuk mengunjungi perpustakaan. 2) evaluasi input yakni yang terlibat dalam program ini adalah peran SDM seperti kepala sekolah, guru, pengelola perpustakaan dan peserta didik sesuai dengan rencana. Strategi untuk merealisasikan tujuan yang dilakukan yaitu mencanangkan program-program yang menarik minat siswa dan sudah sesuai rencana. 3) evaluasi process pada program kegiatan awal, inti hingga akhir dilaksanakan sudah hampir sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan di awal, namun pada program laporan baca siswa belum memenuhi target sesuai dengan perencanaan program dan mading galeri sastra belum terlaksana sesuai rencana yang setiap satu bulan sekali diganti oleh karya siswa yang baru. Meskipun demikian, seluruh warga sekolah antusias dalam melaksanakan kegiatan program yang diterapkan. 4) evaluasi product yakni minat membaca siswa melalui data pengunjung perpustakaan mengalami peningkatan, namun pada penilaian rata-rata kelas 10, 11, dan 12 dinilai masih kurang dalam literasi. Meskipun demikian, masih terdapat karya atau prestasi dan manfaat yang siswa peroleh dari dilaksanakannya program GLS ini. Kedua, faktor pendukung: fasilitas sarana prasarana yang memadai dan kekompakan para pengelola serta pelaksana. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya inisiatif SDM dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Miftahus Sa’adah, S.Pd.I., M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah; Perpustakaan sekolah; Model CIPP
Subjects: 000 Ilmu Komputer, Ilmu Informasi, dan Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027.8 School Libraries/Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Sep 2024 09:09
Last Modified: 05 Sep 2024 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66732

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum