PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Indi Ramadhani, NIM.:18102030072 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102030072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18102030072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini perputaran globalisasi semakin maju dan berkembang, salah satunya di bidang teknlogi. Masyarakat semakin mengenal dan mengikuti perkembangan zaman, mengenal berbagai macam aplikasi dan platform sosial media. Salah satunya yaitu aplikasi belanja online Shopee yang dikenal sebagai aplikasi belanja online terbesar di Asia saat ini. Banyak orang beralih pada aplikasi belanja online karena dihitung lebih praktis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Shopee terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam menganalisa penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Baudrilland. Adapun metode yang digunakan peneliti yaitu kuantitatif survei. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner disebarkan oleh peneliti melalui pesan whatsApp dalam bentuk google form metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linear dengan perhitungan spss. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa, hasil pengujian hipotesis menunjukan penggunaan aplikasi Shopee memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,457 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan aplikasi Shopee berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Rashif Hilmi, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Konsumtif; dan Shopee
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 05 Sep 2024 09:24
Last Modified: 05 Sep 2024 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum