STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI GENZA EDUCATION BAKTI ASRI MAGETAN

Mazia Putri Maisharoh, NIM.: 20104090028 (2024) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI GENZA EDUCATION BAKTI ASRI MAGETAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI GENZA EDUCATION BAKTI ASRI MAGETAN)
20104090028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL DI GENZA EDUCATION BAKTI ASRI MAGETAN)
20104090028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari semakin ketatnya persaingan antar lembaga bimbingan belajar dan juga perkembangan teknologi yang semakin maju, yang mengharuskan lembaga bimbingan belajar lebih mengembangkan pemasaran jasa pendidikannya dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran. Genza Education Bakti Asri Magetan merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar yang memasarkan produk jasanya melalui media sosial. Dalam waktu 2 tahun ini, Genza Education Bakti Asri Magetan memperoleh lebih dari 70 siswa di setiap tahunnya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisa bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan melalui media sosial di Genza Education Bakti Asri Magetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik nonprobability sampling dan purposive sampling sebagai teknik samplingnya. Subjek penelitian tersebut terdiri dari 1 orang penanggung jawab cabang, 1 orang admin media sosial lembaga cabang, 2 orang tentor/pengajar dan 2 orang siswa, yang telah memenuhi kriteria 3M. Analisis data dilakukan dengan cara data collection, data condensation, data display, dan drawing and verification conclusions. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pemasaran jasa pendidikan di Genza Education Bakti Asri Magetan menggunakan strategi offline dan online, dengan menerapkan segmentation, targeting dan positioning dalam penyusunan strateginya; 2) implementasi pemasaran jasa pendidikan melalui media sosial di Genza Education Bakti Asri Magetan menerapkan unsur 7P yaitu product, price, place, promotion, people, prosess dan physical evidence. Program reguler, program G-Advanced dan 10 layanan pendukung lain ditawarkan kepada pelanggannya, biaya yang ditetapkan berbeda di setiap jenjang pendidikannya, lokasi lembaga mudah dijangkau, staf dan tentor berjumlah 18 orang, proses belajar mengajar terorganisir dengan jadwal yang telah ditentukan, fasilitas yang disediakan juga dapat membantu siswa dalam proses belajar. Hal-hal tersebut dipromosikan menggunakan strategi offline dengan mengadakan event di sekolah-sekolah, membagikan brosur dan memberikan kesan baik kepada pelanggan, serta strategi online dengan menggunakan platform Instagram dan Facebook sebagai media pemasarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Irwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Lembaga Bimbingan Belajar; Media Sosial; Strategi Pemasaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Sep 2024 12:00
Last Modified: 05 Sep 2024 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum