Ilza Atsalasu Fajrian, NIM.: 20104070024 (2024) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
20104070024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI ISLAM-SAINS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
20104070024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan modul biologi terintegrasi islam-sains pada materi keanekaragaman hayati untuk Siswa kelas X SMA/MA. 2) Mengetahui kelayakan modul biologi terintegrasi islam-sains pada materi keanekaragaman hayati untuk Siswa kelas X SMA/MA. 3) Mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap modul biologi terintegrasi islam-sains pada materi keanekaragaman hayati untuk Siswa kelas X SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation. Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap Development. Modul dinilai menggunakan instrumen berupa lembar angket yaitu angket penilaian ahli, peer reviewer, guru biologi, dan respon siswa. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 10 siswa kelas X SMA Kolombo Sleman, sedangkan objek pada penelitian ini yaitu berupa modul biologi terintegrasi islam-sains materi keanekaragaman hayati. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berupa: 1) produk modul biologi terintegrasi islam-sains pada materi keanekaragaman hayati untuk Siswa kelas X SMA/MA, 2) kualitas modul biologi terintegrasi islam-sains pada materi keanekaragaman hayati untuk Siswa kelas X SMA/MA termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 91,6% dari ahli media, 87% dari ahli materi, 91,6% dari peer reviewer dan 98,1% dari guru biologi. Respon dari 10 siswa terhadap modul menunjukkan kategori “Sangat Baik” dengan persentase keidealan 87,7%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing; Mike Dewi Kurniasih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Module; Integrated Islam-Science; Biodiversity |
Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 14:11 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 14:11 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/66770 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |