Hanifatul Fitria, NIM.: 20104010085 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK)
20104010085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK)
20104010085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya hasil belajar Akidah Akhlak menjadi pokok permasalahan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, dimana proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan eksperimen melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak serta untuk mengetahui besaran pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain posttest only design with nonequivalent group. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IV MI Al-Bahroin yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi prosedur penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji independent sampel t-test untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dan menggunakan rumus effect size untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh positif yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar Akidah Akhlak. Berdasarkan uji independent sampel t-test, diperoleh nilai t = 2,018 dengan nilai sig. (2-tailed) = 0,026 (p < 0,05). (2) Besar pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak adalah r = 0,325.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Sri Purnami S.Psi. M.A. |
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif; Tipe Make a Match; hasil belajar, belajar siswa |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 15:23 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 15:23 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68822 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |