Rolani, NIM.: 20104020002 (2024) FA'ALIYYAH WASAIL TA'LIMIYYAH EDUCAPLAY Fi ZIYADAH AL-IHTIMAM BI TA’ALAM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LADA TULLAB AS-SHAFF AL-'ASHIR Fi MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL-ALIYYAH 7 YOGYAKARTA LI AS-SANAH AD-DIRASIYYAH 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (FA'ALIYYAH WASAIL TA'LIMIYYAH EDUCAPLAY Fi ZIYADAH AL-IHTIMAM BI TA’ALAM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LADA TULLAB AS-SHAFF AL-'ASHIR Fi MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL-ALIYYAH 7 YOGYAKARTA LI AS-SANAH AD-DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
Text (FA'ALIYYAH WASAIL TA'LIMIYYAH EDUCAPLAY Fi ZIYADAH AL-IHTIMAM BI TA’ALAM AL-LUGHAH AL-'ARABIYYAH LADA TULLAB AS-SHAFF AL-'ASHIR Fi MADRASAH MUHAMMADIYYAH AL-ALIYYAH 7 YOGYAKARTA LI AS-SANAH AD-DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
Abstract
Di Indonesia, pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti e-learning dan pengembangan media pembelajaran telah memberikan dampak yang signifikan. Media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas dan minat belajar siswa. Namun, kurangnya minat dapat menghambat pemahaman materi, seperti yang terjadi di kelas X E5 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Siswa menganggap bahasa Arab sulit dan membingungkan, sementara media pembelajaran yang terbatas dan monoton membuat mereka cepat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektifitas media pembelajaran Educaplay dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa di kelas X E5 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre eksperimental, menggunakan pendekatan one-group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educaplay memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar bahasa Arab siswa, sebagaimana ditunjukkan oleh uji wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Sementara itu, uji N-gain menunjukkan nilai rata-rata sebesar 0,5710, yang termasuk dalam kategori sedang. Jika dikonversi ke dalam skala persentase, nilai ini setara dengan 57,10%, yang berdasarkan kriteria efektivitas, hasil tersebut dinilai cukup efektif. Dengan demikian, media pembelajaran Educaplay dapat dianggap cukup efektif dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas X E5 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; educaplay; minat belajar; Bahasa Arab. |
Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 14:09 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 14:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68829 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |