Rizka Latifa, NIM.: 20204031012 (2024) KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN PARENTING. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN PARENTING)
20204031012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
Text (KOLABORASI ORANG TUA DAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI KEGIATAN PARENTING)
20204031012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Komitmen kerja sama antara orang tua dan guru merupakan elemen krusial untuk pembentukan karakter anak usia dini. Tanpa adanya kolaborasi ini, pendidikan karakter anak tidak akan mencapai hasil yang optimal karena adanya perbedaan konsep. Orang tua dapat mendukung pendidikan karakter dengan berkomitmen bersama guru, misalnya melalui kegiatan parenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji fenomena kolaborasi antara orang tua dan guru dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada anak usia dini melalui kegiatan parenting dengan mengidentifikasi bentuk dan strategi yang diterapkan di TK Melati, faktor pendukung kolaborasi, serta hambatan yang dirasakan oleh orang tua dan guru Jenis pendekatan penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif studi kasus. Penelitian studi kasus adalah metode penelitian yang menganalisis satu atau beberapa unit kasus secara detil dan sistematis untuk mengungkapkan fenomena yang terjadi. Subjek penelitian meliputi orang tua,guru dan kepala sekolah. Tempat penelitian di TK Melati Desa Jeruksari Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Waktu Penelitian berlangsung tanggal 3 November 2022 hingga 13 November 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,dokumentasi,wawancara. Teknik analisis berdasarkan konsep Miles, Huberman dan Saldana meliputi pengumpulan, kondesasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik yakni credibility, transferability, depandability, dan confrimability. Hasil dan pembahasan menunjukan bentuk usaha kolaborasi orang tua dengan guru dijalankan oleh TK Melati dalam bentuk formalnya sosialisasi dengan mengundang para orang tua anak ke TK Melati untuk berdiskusi dengan guru terkait penanaman karakter tanggung jawab melalui program parenting. Salah satu strategi adalah founding class mendampingi anak supaya bertanggung jawab akan kebersihan dirinya dan juga mampu menjaga peralatan main milik sekolah di hari pertama sekolah. Keberhasilan penanaman karakter ini menjadi optimal dengan dukungan guru mencanangkan program kegiatan parenting dan respon positif orang tua untuk aktif dalam kegiatan parenting. Namun, faktor pengaruh kesadaran orang tua tidak mengerti akan peran sebagai mitra sekolah dan pemahaman bahwa tugas penanaman anak hanya pada guru merupakan kekeliruan yang menghambat penanaman karakter berupa tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | parents; teachers; responsibility; parenting |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini 600 Sains Terapan > 640 Manajemen Rumah Tangga dan Manajemen Kehidupan Pribadi > 649.1 Pola Asuh/Parenting |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 14:16 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 14:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68830 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |