MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Filza Aisya, NIM.: 22204011030 (2024) MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER)
22204011030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER)
22204011030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi pendidikan Islam merupakan upaya menyelaraskan pendidikan berbasis Islam dengan perkembangan zaman tanpa menghilangkan esensi ajaran Islam. Konsep modernisasi Nurcholish Madjid berupaya memperbaharui pola pikir agar lebih relevan dengan masa sekarang. Problematika dalam tatanan pendidikan Islam seperti metodologi pembelajaran dan transformasi keilmuan tentunya membutuhkan pembaharuan agar tercapainya pendidikan yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan gagasan modernisasi pendidikan Islam dalam perspektif Nurcholish Madjid serta melihat relevansinya terhadap pendidikan Islam kontemporer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menelaah pemikiran tokoh yakni Nurcholish Madjid dengan karya-karyanya, baik itu berupa buku, jurnal dan dokumen lain yang menjadi refleksi pemikirannya. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini melalui studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dari berbagai buku karya Nurcholish Madjid, di samping itu juga memanfaatkan sumber-sumber lain. Sedangkan teknik analisis data dengan metode analisis isi atau content analysis melalui tiga langkah yaitu kondensasi data, display data atau penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid adalah proses perubahan sikap dan mentalitas seseorang untuk menyesuaikan hidup di era modern. Beliau mengidentikkan modernisasi dengan rasionalisasi serta menolak westernisasi. Prinsip- prinsip modernisasi yang dikemukakan berupa sekularisasi, kebebasan berpikir (intellectual freedom) dan sikap terbuka (idea of progress). Konsep pendidikan yang dipaparkan oleh Nurcholish Madjid, yaitu keislaman, keindonesiaan, keilmuan. (2) Pemikiran modernisasi pendidikan Islam oleh Nurcholish Madjid diantaranya sistem manajemen di pesantren, kondisi kurikulum di pesantren dan nilai-nilai di pesantren yang secara keseluruhan beliau mengharapkan perubahan yang dinamis dan transformatif. (3) Terdapat relevansi yang kuat antara modernisasi pendidikan Islam Nurcholish Madjid dengan pendidikan Islam kontemporer. Di mana ia mengedepankan pembaharuan, rasionalisasi, kebebasan berpikir, terbuka terhadap ide-ide baru, mengharapkan inovasi, mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum agar tercapainya disiplin ilmu yang komprehensif. Hal tersebut tentunya relevan dengan konsep pendidikan Islam dewasa ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pesantren; Nurcholish Madjid, Pendidikan Islam Kontemporer.
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Nov 2024 10:19
Last Modified: 26 Nov 2024 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/68836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum