KONSEP DAN METODE PENANAMAN NILAI AMANAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Tematik Ayat-Ayat Amanah)

FATHUR ROHMAN, NIM. 09226013 (2011) KONSEP DAN METODE PENANAMAN NILAI AMANAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Tematik Ayat-Ayat Amanah). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP DAN METODE PENANAMAN NILAI AMANAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Tematik Ayat-Ayat Amanah))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DAN METODE PENANAMAN NILAI AMANAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Tematik Ayat-Ayat Amanah))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang adil makmur dan sentosa. Ketika suatu masyarakat atau Negara dilanda oleh dekadensi moral dengan maraknya korupsi misalnya, bisa jadi, hal ini juga merupakan akibat kegagalan pendidikan agama Islam dalam mengajarkan nilai-nilai Qur’ani kepada peserta didiknya. Kegagalan tersebut terjadi dikarenakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan mulai dari tujuan pendidikan, materi pendidikan, metode pendidikan, sarana pendidikan atau faktor-faktor lainnya yang menunjang keberhasilan pendidikan. Metode pendidikan memiliki peranan penting dalam mentransformasikan nilai-nilai Qur’ani kepada peserta didik, di dalam al-Qur’an sendiri terdapat berbagai macam aspek metodologis dalam transformasi nilai-nilai yang diajarkannya. Untuk itulah, pendidikan agama Islam harus didasarkan pada petunjuk-petunjuk al-Qur’an mulai dari aspek tujuan materi metode dan lain sebagainya, agar mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai amanah dalam al-Qur’an serta metode-metode al-Qur’an di dalam menanamkannya. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pendidikan dengan metode tematik terhadap ayat-ayat amanah. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, amanah di dalam al-Qur’an mengandung pengertian yang sangat luas, mencakup segala interaksi manusia, baik interaksi dengan tuhan, dirinya sendiri, orang lain atau alam sekitar. Amanah terhadap tuhan mengandung pengertian bahwa sebagai hamba yang dipikulkan amanah di pundaknya, manusia harus melaksanakan apa yang telah tuhan perintahkan dan menjauhi semua yang dilarang. Amanah terhadap manusia mengandung pengertian bahwa manusia harus menjaga dan menunaikan amanat yang dipikulkan orang lain kepadanya, baik amanat tersebut bersifat material seperti harta benda atau non material seperti menyimpan rahasia. Amanat terhadap diri sendiri mengandung pengertian bahwa manusia harus memilih hal-hal yang bermanfaat bagi anggota badannya dengan menjaga kesehatan dan kebersihannya agar maksimal dalam menjalankan perintah tuhan. Sedangkan terhadap lingkungan berarti manusia harus bertanggung jawab untuk mengelola lingkungan dari kerusakan ekologis, sehingga ia dapat mengambil manfaat dari alam tersebut untuk mengabdi kepada tuhan. Inti dari amanah adalah: 1). Orang yang memiliki sifat amanah (al-ami>n) menghindarkan diri dari hal-hal yang bukan haknya baik yang berhubungan dengan hak tuhan, sesama manusia, diri sendiri, maupun alam lingkungan. 2). Orang yang memiliki sifat amanah menunaikan dan melaksanakan hak-hak yang harus ditunaikan baik terhadap tuhan, sesama manusia, diri sendiri, maupun alam lingkungan. 3). Orang memiliki sifat amanah memiliki perhatian untuk menjaga apa yang telah diamanahkan kepadanya, tidak melalaikan serta meremehkannya. Kedua, Di dalam menanamkan nilai amanah tersebut, al-Qur’an menggunakan beberapa metode, yaitu: metode keteladanan, metode kisah, metode mauizah, dan metode targhib dan tarhib.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Phil. Sahiron Syamsuddin, M.A.
Uncontrolled Keywords: penanaman nilai amanah, al-qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 13 Feb 2013 23:51
Last Modified: 24 Apr 2015 15:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6950

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum