PENGEMBANGAN METODE KISAH BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI JEPON-BLORA

Mahsunah, NIM. 09.226.067 (2011) PENGEMBANGAN METODE KISAH BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI JEPON-BLORA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE KISAH BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI JEPON-BLORA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE KISAH BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs NEGERI JEPON-BLORA)
BAB II, III, IVa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran berdasarkan pada konsep pendidikan Islam, yaitu metode kisah dengan menggunakan media komputer untuk pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dengan menformat sebuah film karya “Madinah Islamic media” ke dalam program microsoft power point yang dikemas dalam CD-ROM interaktif dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang layak digunakan dalam pembelajaran SKI, dan untuk menfasilitasi kegiatan pembelajaran siswa secara mandiri. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui tiga langkah utama. Langkah pertama: perencanaan, meliputi identifikasi kebutuhan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, menentukan pengalaman belajar, perumusan indikator, menyusun rencana pembelajaran dan mengembangkan materi pembelajaran. Langkah kedua adalah pembuatan desain software pembelajaran, meliputi pembuatan screen desain, pembuatan script dan pembuatan flowcharts. Langkah ketiga adalah pengembangan, meliputi menyiapkan teks, menggabungkan dan memadukan materi dengan film yang relevan, membuat program, melakukan uji alpa, melakukan revisi pertama, melakukan uji coba beta (kelas kecil), revisi kedua, dan melakukan uji coba lapangan sebagai tes sumatif, analisis data hasil uji coba sampai akhirnya menghasilkan produk final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek dalam produk pembelajaran ini secara umum mendapat tanggapan sangat baik dari ahli materi, ahli media dan dari peserta didik sebagai pengguna (user), dengan penilaian menggunakan skala 1-5 diperoleh rata-rata skor; aspek pembelajaran adalah 4,23, aspek materi/ isi pelajaran 4,22 , aspek media pembelajaran 4,28. Hasil dari penelitian lapangan menujukkan bahwa media yang dikembangkan ini mampu meningkatkan minat belajar dan memotivasi siswa untuk mempelajari SKI. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang telah diolah melalui uji-t dengan menggunakan program SPSS 16.0 diperoleh hasil, bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah menggunakan metode kisah berbasis multimedia dibandingkan dengan metode sebelumnya. Dengan demikian, produk metode kisah berbasis multimedia pembelajaran SKI dalam bentuk CD ROM interaktif ini layak digunakan sebagai media pembelajaran SKI secara mandiri dan benar-benar efektif dapat meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metode kisah, multimedia, sejarah kebudayaan islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 01:01
Last Modified: 24 Apr 2015 15:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum