PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TANDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA PADA KELAS INKLUSI

AZIZ MUSTOFA , NIM. 08600089 (2013) PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TANDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA PADA KELAS INKLUSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TANDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA PADA KELAS INKLUSI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TANDUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNANETRA PADA KELAS INKLUSI)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan metode quantum learning pada siswa tunanetra kelas inklusi. Pembelajaran quantum learning lebih diutamakan pada keaktifan peran serta siswa dalam berinteraksi dengan situasi belajarnya melalui panca inderanya baik melalui penglihatan, pendengaran, perabaan, penciuman dan pengecapan, sehingga hasil penelitian quantum learning terletak pada modus berbuat yaitu Katakan dan Lakukan, dimana proses pembelajaran quantum learning mengutamakan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas XI MAN Maguwoharjo yang berjumlah siswa tunanetra. Sampel penelitian adalah siswa tunanetra kelas XI IS 3 yang berjumlah 2 siswa dan XI Agama yang berjumlah 4 siswa. Proses pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sample. Instrumen penelitiannya adalah soal pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengolahan data yang digunakan dengan cara triangulasi data yaitu, reduksi data, sajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Berdasarkan data postest dari kelas eksperimen dan kelas control, dapat dikatakan bahwa seluruh rangkaian dalam pembelajaran dengan menerapkan metode quantum learning pada siswa difabel netra di kelas inklusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan quantum learning menggunakan teknik Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi dan Rayakan (TANDUR) sehingga membuat siswa tunanetra menjadi lebih semangat dalam belajar, memudahkan dalam pemahaman dan penghafalan rumus, sehingga hasil belajar siswa tunanetra lebih tinggi dari pada dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya nilai KKM pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol masih belum mencapai nilai KKM. Kata kunci : quantum learning, hasil belajar dan difabel netra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:38
Last Modified: 25 Jan 2016 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum