KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI SMA N 1 SEWON BANTUL DAN MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

LAELY UMIYATI , NIM. 08670021 (2013) KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI SMA N 1 SEWON BANTUL DAN MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI SMA N 1 SEWON BANTUL DAN MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DI SMA N 1 SEWON BANTUL DAN MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Abstract

Peserta didik difabel netra memiliki hambatan penglihatan, sehingga mereka membutuhkan media pembelajaran khusus di sekolah inklusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan media pembelajaran kimia dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik terhadap ketersediaan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra pada SMA/MA Inklusif di DIY. Penelitian ini dilakukan pada sekolah inklusif yang memiliki peserta didik difabel netra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari: guru mata pelajaran kimia kelas X, petugas perpustakaan, guru pendamping khusus, dan peserta didik difabel netra kelas X. Sedangkan objek penelitiannya yaitu media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra di sekolah inklusif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi, skala sikap, dan analisis dokumen terkait. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra pada sekolah inklusif di DIY termasuk dalam kategori sangat terbatas. Media pembelajaran kimia yang tersedia di sekolah inklusif, terdiri dari: papan huruf/bacaan, reglet, pena/stillus, buku paket kimia braille dan komputer difabel netra. Media pembelajaran kimia tersebut, tidak semua digunakan peserta didik difabel netra. Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran kimia adalah tidak menguasai tulisan braille, sehingga guru kesulitan membuat media pembelajaran kimia sendiri. Sedangkan kendala yang dihadapi peserta didik difabel netra adalah kesulitan menerima materi yang dijelaskan guru di papan tulis. Kata Kunci: media pembelajaran kimia, difabel netra, sekolah inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 21:42
Last Modified: 22 Feb 2016 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7256

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum