PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KIMIA DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA

MAULIDA RAHMAH , NIM. 08670051 (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KIMIA DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KIMIA DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK KIMIA DALAM BENTUK PENILAIAN SKALA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik instrumen penilaian kualitas media pembelajaran elektronik untuk video animasi kimia, web pembelajaran kimia, multimedia interaktif kimia, kamus digital dan ensiklopedi digital dan mengetahui kelayakan instrumen penilaian kualitas media pembelajaran elektronik untuk video animasi kimia, web pembelajaran kimia, multimedia interaktif kimia, kamus digital dan ensiklopedi digital yang telah dikembangkan menurut penilaian ahli evaluasi, ahli media dan ahli bahasa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Prosedur penelitian ini terbatas sampai tahap pengembangan (development). Subjek penilai instrumen adalah dosen pembimbing dan tiga dosen ahli yang terdiri dari satu ahli evaluasi, satu ahli media, dan satu ahli bahasa. Tinjauan dan masukan dari dosen ahli ini sebagai validasi instrumen. Instrumen penilaian yang telah dikembangkan mempunyai karakteristik mampu mengukur aspek suara, musik, narasi, animasi, tulisan, warna dan format sajian video pada video animasi kimia; mampu mengukur aspek penggunaan, sistem navigasi, desain grafis, isi, kemampuan akses, kecepatan akses dan segi fungsi pada web pembelajaran kimia; mampu mengukur aspek kemudahan navigasi, kandungan kognisi, presentasi informasi penilaian, integrasi media, artistik dan estetika serta fungsi secara keseluruhan pada multimedia interaktif kimia; mampu mengukur aspek desain basis data program, kaidah user friendly, kesesuaian dengan materi, penggunaan program dan teknik penggunaan program pada kamus digital dan mampu mengukur aspek isi, kemudahan penggunaan, kesesuaian dengan tingkat pembaca dan spesifikasi program pada ensiklopedi digital. Berdasarkan hasil validasi ahli evaluasi, ahli media dan ahli bahasa, instrumen penilaian kualitas media pembelajaran elektronik kimia memiliki kualitas Baik dan Sangat Baik pada aspek penilaian, indikator penilaian dan deskripsi indikator penilaian sehingga layak diujicobakan pada responden. Kata Kunci: penelitian pengembangan, instrumen penilaian, media pembelajaran elektronik dan skala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Apr 2013 15:48
Last Modified: 22 Feb 2016 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7266

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum