PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK ENERGI DAN PERUBAHANNYA

RIRIN MAULIDA , NIM. 09670041 (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK ENERGI DAN PERUBAHANNYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK ENERGI DAN PERUBAHANNYA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA MI/SD KELAS 5 SEMESTER 2 MATERI POKOK ENERGI DAN PERUBAHANNYA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul sains yang berbasis integrasi Islam-sains yang memiliki karakteristik tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik difabel netra kelas 5 MI/SD Semester 2 dengan Materi Pokok Energi dan Perubahannya, (2) menguji kelayakan modul berbasis integrasi Islam-sains berdasarkan penilaian ahli media dan pendidik. Pengembangan modul sains berbasis integrasi Islam-sains dibimbing oleh dosen pembimbing dan diberi masukan oleh ahli materi dan peer reviewer. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, disseminate) yang dibatasi sampai tahap development (pengembangan). Instrumen penilaian modul sains berbasis integrasi Islam-sains berupa lembar penilaian skala 1 sampai 5 yang berisi 12 aspek dan 36 kriteria penilaian. Penilaian dilakukan oleh pendidik MI/SD dan ahli media. Hasil penilaian berupa data kualitatif dan kemudian dikonversikan menjadi data kuantitatif dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kelayakan modul sains berbasis integrasi Islam-sains. Produk penelitian pengembangan ini berupa modul sains berbasis integrasi Islam-sains pada Materi Pokok Energi dan Perubahannya untuk peserta didik difabel netra MI/SD kelas 5 semester melalui tahap 3-D (define, design, development). Pada tahap define (pendefinisian) dilakukan pengkajian Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, dan pengumpulan referensi materi serta mengintegrasikan materi-materi pembelajaran dengan ayat Alquran. Pada tahap design (perancangan) dilakukan perancangan modul pembelajaran, dan pada tahap development (pengembangan) dilakukan pembuatan modul pembelajaran sains dan di validasi oleh penilai. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh 3 pendidik SD dan 1 ahli media, maka modul sains berbasis integrasi Islam-sains ini menurut pendidik MI/SD layak digunakan dalam proses pembelajaran mempunyai kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan sebesar 74,86%. Kata kunci: pengembangan modul, integrasi Islam-sains, difabel netra, energi dan perubahannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 16:52
Last Modified: 22 Feb 2016 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum